Para pelajar SMP di tingkat Kabupaten Bogor, Jawa Barat, mengikuti kompetisi tenis meja Bodas Cup dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2023 di Desa Bojong Kulur, Gunungputri, Bogor, Sabtu.

Pembina Turnamen Tenis Meja Bodas Cup Arif menjelaskan kompetisi ini diikuti sedikitnya oleh 25 peserta dari berbagai sekolah SMP yang ada di Kabupaten Bogor.

"Juara 1 dapat uang pembinaan Rp 2 juta, terus juara 2 Rp 1,5 juta, juara bersama itu Rp 1 juta dan bagi yang masuk ke 8 besar itu mendapatkan masing-masing Rp 300 ribu," kata Arif.

Arif menyebut, pihaknya berhasil menggaet 25 peserta kompetisi dari berbagai sekolah berbeda, karena telah mendapatkan izin dan dukungan dari Disdik Kabupaten Bogor.

"Kita minta rekomendasi untuk mengadakan turnamen antar SMP ini, kita meminta rekomendasinya melalui Disdik Kabupaten Bogor supaya anak didik di bawah Disdik itu bisa merasakan turnamen yang biasanya dilakukan oleh penggiat swasta," pungkasnya.

Sementara, Panitia Turnamen Tenis Meja Bodas Cup I, Isa Barmawi Susetra mengungkapkan bahwa turnamen tersebut dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda.

"Mensana in corpore sano, sebuah kalimat yang berasal dari mahakarya pujangga Romawi pada abad kedua. Decimus lunius Juvenalis, dalam satire X, dimana dalam perkembangannya dipakai sebagai jargon olah raga dan kesehatan diseluruh dunia, yang berarti 'jiwa yang sehat dalam tubuh yang sehat'," kata Isa.

Menurut dia, berbicara terkait prestasi dalam olahraga, yaitu mengenai bagaimana olahraga menjadi digandrungi masyarakat. Sehingga perlu dilakukan kaderisasi terorganisir dan terkonsep dengan melibatkan para pelajar dalam turnamen.

"Maka dari itu kami masyarakat yang hobi dalam olah raga tenis meja bekerja bersama dengan perusahaan Bodas Menclang dan diketahui Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor mengadakan event tersebut, dengan maksud selain memotivasi masyarakat untuk berolah raga, juga untuk  regenerasi khususnya untuk olah raga tenis meja," ujarnya.

Isa menyebutkan, konsekuensi sosial penghobi tenis meja yaitu harus berperan aktif melakukan regenerasi, selain membuat sehat masyarakat juga mengeksplor untuk mencari bibit bibit yang kelak ke depan menjadi pemain profesional di tingkat nasional ataupun internasional.

Pewarta: ANTARA

Editor : M Fikri Setiawan


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023