Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bogor, Jawa Barat, mengusulkan  tiga tempat kepada KPU RI untuk dijadikan gudang logistik persiapan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024.

Ketua KPU Kabupaten Bogor Herry Setiawan di Cibinong, Bogor, Minggu, memaparkan bahwa tiga tempat tersebut yaitu gudang Indocement, bangunan bekas pabrik tekstil di Ciriung, Cibinong, serta di gudang Rumah Sakit Annisa Citeureup.

Menurut dia, dari tiga tempat tersebut, yang paling representatif yaitu gudang milik Indocement yang berlokasi di Klapanunggal dengan luas sekitar 11.000 meter persegi (m2).

"Gudang itu yang representatif adalah gudangnya Indocement, meskipun tidak sesuai dengan rekomendasi BPK (Badan Pemeriksa Keuangan), luasan gudangnya sebesar 16.000 m2," kata Herry.

Baca juga: KPU Kabupaten Bogor mulai data Daftar Pemilih Tambahan
Baca juga: Herry Setiawan gantikan Ummi Wahyuni jadi Ketua KPU Kabupaten Bogor sisa masa jabatan 2018-2023

Kemudian, kata dia, kelebihan lainnya dari gudang Indocement yaitu mudah diakses, termasuk melalui jalan Tol Jagorawi.

Herry menyebutkan, jika lokasi tersebut disetujui untuk digunakan sebagai gudang logistik Pemilu, maka KPU Kabupaten Bogor akan bekerja sama dengan Indocement melalui sistem sewa hingga Pemilu 2024 selesai terselenggara.

Untuk mengatur agar tidak terjadi penumpukan logistik, ia mengatakan akan melakukan manajemen pendistribusian sebaik mungkin.

Baca juga: KPU Bogor jelaskan alasan tersangka penipuan masuk DCS Bacaleg DPRD

Mengingat kebutuhan logistik Kabupaten Bogor sangatlah besar untuk menyuplai kebutuhan di 15.442 Tempat Pemungutan Suara (TPS).

"Tidak ada tempat lagi, tapi kami siasati dengan cara memanage organizing pergudangan supaya cepat bergeser. Karena kapasitas gudang kita kan kecil, jadi tidak bisa terlalu lama, yang penting siklusnya pergerakan barangnya biar tidak terlalu lama numpuk," tuturnya.

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023