Kodim 0509/Kabupaten Bekasi bekerja sama dengan Ikatan Motor Indonesia Kabupaten Bekasi menggelar kejuaraan otomotif Bekasi Trail Army Enduro (Betmen Hard Enduro) di Lapangan Makodim Cikarang Pusat dalam rangka memperingati HUT ke-78 TNI.

Komandan Kodim 0509/Kabupaten Bekasi Letkol Inf Danang Waluyo mengatakan kegiatan ini merupakan pesta rakyat yang sengaja dipersembahkan untuk dinikmati seluruh warga Kabupaten Bekasi.

"TNI merupakan bagian dari masyarakat dan harus selalu bersama masyarakat," katanya usai membuka kejuaraan, Sabtu.

Danang mengatakan selain olahraga otomotif, kegiatan ini sekaligus upaya mendorong peningkatan ekonomi pelaku UMKM yang membuka lapak dagangan di sekitar lokasi kegiatan.

"Kami buat acara, dari rakyat untuk rakyat, seperti yang hobi motor trail silakan, yang berjualan silakan. Semua kami gelar dan tidak ada biaya, termasuk parkir, semua gratis," katanya.

Dia menjelaskan ajang olahraga otomotif ini diikuti ratusan pembalap baik dari kalangan prajurit maupun umum dengan mempertandingkan sejumlah kelas di sirkuit berstandar nasional.

Ia berharap kegiatan ini sekaligus menjadi momentum meningkatkan sinergi antara prajurit dengan masyarakat dalam rangka bersama-sama mengawal dan mewujudkan Pemilu 2024 secara damai dan kondusif.

"Harapan kami menjelang pemilu, dengan acara ini  bersosialisasi, bertemu, berkomunikasi supaya pesta demokrasi yang sebentar lagi ini bisa kita jaga keamanan supaya berjalan dengan lancar, damai, dan kondusif," ucapnya.

Ketua Ikatan Motor Indonesia Kabupaten Bekasi Juanda Rahmat mengatakan ajang balap motor trail ini menjadi yang pertama di Kabupaten Bekasi sekaligus terbesar di Jawa Barat, diikuti 200 pembalap dari Jawa Barat hingga Jawa Timur.

"Kami berharap ke depan bisa diselenggarakan di sini untuk event Enduro tingkat Asia," ucapnya.

Sementara itu, perwakilan peserta Andika Polang (37) dari grup Pasmar 2 Surabaya, Jawa Timur mengharapkan ajang ini ke depan bisa dibuat seri antar provinsi sebagai kejuaraan nasional.

Andika yang juga anggota TNI itu mengapresiasi Kodim 0509/Kabupaten Bekasi atas keberhasilan menggelar kejuaraan yang dapat lebih mendekatkan diri dengan masyarakat pada momentum hari ulang tahun.

"Untuk TNI selalu jaya terus, bermasyarakat, selalu dekat dengan masyarakat, dan sukses selalu untuk Kodim 0509 Kabupaten Bekasi," katanya.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023