Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat mengolaborasikan program kewirausahaan Tenaga Kerja Mandiri (TKM) dengan aplikasi toko daring 'Bekasi Berani Beli' atau Bebeli untuk memperluas jaringan pasar sekaligus lapangan pekerjaan.

"Kita kuatkan di sektor informal atau UMKM dengan berbagai cara, salah satunya penguatan dan perluasan pasar dengan Bebeli. Mewajibkan ASN dan dinas belanja UMKM lokal lalu juga masyarakat Bekasi didorong supaya belanja produk UMKM lokal, kata Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan di Cikarang, Jumat.

Dia mengatakan program yang digulirkan Kementerian Ketenagakerjaan ini dapat dijalankan dan dimanfaatkan dengan baik oleh Pemerintah Kabupaten Bekasi untuk menambah penyerapan tenaga kerja. Mengingat angkatan kerja yang ada begitu besar dan pengangguran masih tinggi, sementara daya tampung sektor formal terbatas.

Baca juga: Pemkab Bekasi dorong UMKM bidang makan-minum kantongi sertifikasi usaha
Baca juga: Pemkab Bekasi fokus ciptakan lapangan pekerjaan sektor UMKM

Menurut dia aplikasi Bebeli dikolaborasikan untuk menguatkan daya jual serta memajukan pelaku UMKM lokal sehingga produk-produk yang dihasilkan dapat menjangkau pasar secara lebih luas tanpa perlu mengkhawatirkan intervensi terhadap urbanisasi penduduk atau UMKM dari luar daerah.

"Jadi karena Bebeli yang boleh mendaftar sebagai pelapak atau penjual itu UMKM lokal setidaknya kita membuat proteksi dengan cara itu. Karena kalau di luar UMKM lokal tidak bisa masuk Bebeli. Artinya sekarang tinggal pembeli yang harus juga aktif supaya mereka yang sudah tertampung di Bebeli ini betul-betul me-recover pasar," ucapnya.

Dirinya menyambut baik program kewirausahaan TKM sebagai salah satu strategi mengurangi pengangguran dengan menciptakan lapangan pekerjaan baru dari sektor wirausaha.

Baca juga: 500 pelaku UMKM di Kabupaten Bekasi terima bantuan modal usaha

Dani menjelaskan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Ketenagakerjaan selain memfasilitasi pelatihan, penyerapan, penyaluran tenaga kerja ke sektor formal khususnya manufaktur, juga memberdayakan masyarakat di sektor informal melalui Tenaga Kerja Mandiri.

"Ini juga sebagai bagian penting. Karena tidak semua pencari kerja kita bisa ditampung di sektor manufaktur atau formal. Maka melalui TKM dikuatkan dengan pendampingan Tenaga Kerja Sukarela. Saya kira sebuah gagasan dan program yang bagus," kata dia.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023