Depok (Antara Megapolitan) - University of California Davis, Amerika Serikat menjadi Kampus Hijau Terbaik di dunia berdasarkan penilaian UI GreenMetric World University Ranking 2016.

"Melalui UI GreenMetric, UI konsisten mempertahankan kepeloporannya dalam pemeringkatan UI GreenMetric melalui pengembangan alat ukur kampus hijau yang kini telah banyak diadopsi oleh Perguruan Tinggi di dunia," kata Rektor UI Muhammad Anis di Gedung Rektorat UI Depok, Kamis.

Untuk peringkat kedua dan ketiga adalah University of Nottingham, Inggris dan Waganingen University and Research, Belanda.

University of California Davis mendapatkan nilai skor tertinggi yaitu 8.398 memiliki keunggulan pada seluruh kriteria di UI GreenMetric sehingga mampu membawanya meraih predikat perguruan tinggi hijau terbaik nomor satu dunia.

Universitas ini merupakan universitas pertanian terbesar di Amerika Serikat yang menerapkan unsur green dalam seluruh aspek perkuliahan dan penelitiannya.

Sedangkan untuk University of Nottingham dengan skor 8079 menunjukkan keunggulannya pada pengelolaan energi yang baik di dalam kampusnya. Kampus ini memiliki sejumlah inovasi untuk menghasilkan renewable energy melalui solar cell, wind turbin dan pengelolaan smart-eco building.

Demikian pula halnya Wageningen University and Research dengan skor 7658 yang meraih predikat ketiga merupakan universitas yang memiliki jurusan environmental science yang bereputasi tinggi serta sangat berkomitmen kuat untuk menjaga lingkungan kampusnya tetap asri.

Rektor mengatakan UI GreenMetric merupakan inovasi UI yang telah dikenal luas di dunia internasional sebagai pemeringkatan perguruan tinggi pertama di dunia berbasis komitmen tinggi dalam pengelolaan lingkungan hidup kampus.

"Dari tahun ke tahun, terjadi peningkatan antusiasme peserta perguruan tinggi di dunia untuk berpartisipasi dalam pemeringkatan kampus terhijau ini," katanya.

Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan jumlah peserta UI GreenMetric Ranking of World Universities dimana pada tahun 2016 menjadi 516 dari 74 negara (tahun 2015 diikuti 407 perguran tinggi dari 65 negara).

Terdapat pula beberapa negara yang baru bergabung di tahun 2016 yaitu Algeria, Bahrain, Finlandia, Honduras, Kazakhstan, Kyrgyzstan, New Zealand, Nikaragua, Nigeria, Norwegia dan Venezuela.

Sedangkan di Indonesia, terdapat 49 Perguruan Tinggi yang telah berpartisipasi dalam UI GreenMetric dan tengah mengupayakan kualitas kampusnya melalui pemenuhan indikator UI GreenMetric.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Feru Lantara


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016