Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok Jawa Barat menargetkan memenuhi 100 persen pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) pada tahun 2025.

"Kami saat ini sedang menjalankan program TUNTASKAN 100 Persen Kartu Identitas Anak (KIA) di seluruh kelurahan se-Kota Depok," kata Kepala Disdukcapil Kota Depok Nuraeni Widayatti di Depok, Kamis.

Ia mengatakan hingga Oktober 2023, terdapat empat kelurahan yang sudah 100 Persen KIA tercetak, yaitu Kelurahan Rangkapan Jaya, Tanah Baru, Mekarjaya dan Kelurahan Mampang.

Baca juga: Disdukcapil Kota Depok targetkan 100 persen pemilik KIA pada 2026

Untuk di Kelurahan Rangkapan Jaya sudah mencetak KIA sebanyak 2.226, Kelurahan Tanah Baru (3.712), Kelurahan Mekarjaya (4.647) dan Kelurahan Mampang (2.130).

Program TUNTASKAN 100 Persen KIA merupakan upaya percepatan penerbitan KIA di Kota Depok. Data penerbitan KIA tersebut mengacu pada data By Name By Adress (BNBA) yang diterima dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia per Semester 2 Tahun 2022.

"Data yang kami gunakan ini berdasarkan Data Konsolidasi Bersih (DKB) Semester 2 pada Disdukcapil Kota Depok dan sudah ada empat kelurahan yang kami cetakkan KIA nya 100 persen," tuturnya.

Baca juga: Pemilik KIA Depok dapat diskon belanja burger

Menurut dia pada program TUNTASKAN 100 Persen KIA ini pihaknya bekerja sama dengan para lurah, Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kelurahan, Posyandu, RW, dan RT setempat. Setelah selesai dicetak, KIA dapat diambil di kelurahan maupun RW setempat.

Dikatakannya, KIA ini gratis, masyarakat tidak dipungut biaya saat pengambilan. KIA tersebut diberikan kepada anak usia 0-17 tahun dan sudah memiliki akta kelahiran.

"Tanpa warga minta, jika anaknya sudah memiliki akta kelahiran maka segera kami cetakkan KIA nya," jelasnya.

Baca juga: 60 persen anak di Depok belum miliki KIA

Selain itu, Nuraeni menambahkan, secara bertahap pihaknya sedang melakukan pencetakan di 59 kelurahan lainnya. Targetnya, pada 2025 bisa memenuhi 100 persen KIA di Kota Depok.

"Alhamdulillah sampai dengan semester 1 di tahun 2023 kami sudah mencetak KIA sebanyak 67 persen. Harapannya, tahun 2025 bisa 100 persen," ujarnya.
 

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023