Sukabumi (Antara Megapolitan) - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat menyiapkan pos pengamanan (pospam) untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2017,

"Pospam ini didirikan, karena diprediksi pada libur Natal dan tahun baru akan banyak warga yang mudik dan berwisata Sukabumi. Ada dua pos yang kami sediakan seperti di pertigaan Jalur Lingkar Selatan Cibolang dan di Markas PMI Kabupaten Sukabumi," kata Humas PMI Kabupaten Sukabumi kepada Antara di Sukabumi, Selasa.

Selain, pihaknya juga akan mengerahkan dua tim mobile atau pelayanan keliling siaga pengamanan. Setiap tim terdiri dari lima personel sukarelawan PMI yang mempunyai kualifikasi pertolongan pertama medis yang akan dilengkapi dengan peralatan kedaruratan dan obat-obatan pertolongan pertama.

Sementara, Kepala Markas PMI Kabupaten Sukabumi Budiharto mengatakan untuk operasi keliling beroperasi pada 24 Desember 2016 hingga 1 Januari 2017 dalam pelaksananya di bawah koordinasi pihak kepolisiaan sebagai komando operasi nanti.

Untuk malam dan hari H-Natal, tim keliling akan siaga di dua gereja yakni Gereja Kristen Pasundan Cikembar dan Gereja Cicurug. Selain fokus pada pelayanan pertolongan pertama PMI juga akan mengkonsentrasikan personelnya antisipasi siaga bencana.

"Mengingat curah hujan yang tinggi terlebih daerah Sukabumi merupakan supemarketnya bencana," tambahnya.

Dalam pelaksanaan jelang pergantian tahun, selain siaga di posko utama atau markas PMI pihaknya juga melakukan patroli keliling dan membuka posko yang bergabung dengan pihak keamanan di beberapa objek wisata salahsatunya Pantai Palabuhanratu yang biasa menjadi fokus wisatawan.

Hal ini dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang sedang merayakan Natal dan pergantian tahun. Selain itu, untuk membantu petugas keamanan jika terjadi kecelakaan di lokasi wisata, apalagi setiap musim liburan objek wisata laut seperti di Palabuhanratu kerap dipadati pengunjung dan tidak sedikit kasus kecelakaan laut yang terjadi.

Pewarta: Aditya A Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016