Komando Distrik Militer (Kodim) 0622 Kabupaten Sukabumi semakin gencar membantu promosi hingga pemasaran produk-produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat untuk meningkatkan perekonomian daerah.

"UMKM merupakan salah satu penopang perekonomian daerah, bahkan negara, maka dari itu keberadaannya harus dijaga, salah satunya ikut mempromosikan hingga memasarkan produk UMKM dari Kabupaten Sukabumi ini," kata Dandim 0622 Kabupaten Sukabumi Letkol (Inf) Anjar Ari Wibowo, di Sukabumi, Kamis.

Menurut Anjar, salah satu upaya pihaknya membantu mempromosikan produk UMKM ini seperti melakukan kerja sama dengan salah satu hotel di Kabupaten Sukabumi yang berstatus BUMN, seperti memajang berbagai produk tersebut di etalase hotel tersebut, sehingga bisa menarik tamu hotel yang datang dari berbagai daerah maupun mancanegara untuk membelinya.

Kemudian, belum lama ini pihaknya juga melibatkan para pelaku UMKM untuk ikut memasarkan produknya pada kegiatan bazar, bakti sosial dan kesehatan yang digelar di Makodim 0622 Kabupaten Sukabumi pada kegiatan peringatan HUT ke-78 TNI.

"Untuk UMKM saya memang sangat intens dengan memberikan pembinaan, promosi hingga pemasaran. Ini dilakukan sebagai komitmen kami untuk turut membantu meningkatkan perekonomian warga dan juga sebagai tindak lanjut yang sudah dilakukan sebelumnya. TNI tidak hanya bertugas memberikan pengamanan, tetapi turut membantu dalam hal perekonomian khususnya daerah," katanya pula.

Anjar mengatakan ke depan pihaknya juga akan menggandeng berbagai badan usaha dan lembaga untuk ikut membantu, baik dalam hal promosi maupun pemasaran, agar produk UMKM asal Kabupaten Sukabumi ini bisa dikenal secara luas.

Bahkan, setelah dilakukan pendataan ternyata di Kabupaten Sukabumi ada sekitar 72 ribu pelaku UMKM yang memproduksi makanan, minuman, kerajinan tangan maupun cenderamata. Keberadaan mereka ini merupakan potensi yang besar untuk mengangkat perekonomian di Kabupaten Sukabumi khususnya.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023