Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, membutuhkan anggaran sekitar Rp1 triliun untuk membangun jalan layang atau flyover di Jalan Bojonggede-Kemang yang hingga sekarang belum tuntas proses pembangunannya.

"Flyover ini anggarannya luar biasa, kajian dulu kurang lebih Rp700 miliar itu tiga tahun yang lalu, sekarang mungkin bisa Rp1 triliun," kata Bupati Bogor Iwan Setiawan di Bogor, Selasa.

Ia mengaku telah mengajukan bantuan kepada Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) untuk mewujudkan pembangunan flyover tersebut.

Iwan menjelaskan, flyover itu diperlukan untuk melanjutkan pembangunan Jalan Bojonggede-Kemang atau Bomang agar terintegrasi dengan Jalan Tegar Beriman yang merupakan pusat perkantoran Pemerintah Kabupaten Bogor.

Baca juga: Pemkab Bogor anggarkan Rp3 miliar lanjutkan pembangunan Jalan Bomang
Baca juga: Pemkab Bogor tunggu bantuan Kemenhub bangun "underpass" di Jalan Bomang

Sebab, sejauh ini kedua jalan tersebut terhalang lintasan kereta rel listrik (KRL) tepatnya di jalur relasi Bojonggede-Citayam.

Menurut Iwan, bantuan dari pemerintah pusat tersebut diperlukan mengingat kemampuan keuangan Kabupaten Bogor yang masih terbatas.

"Nah ini kalau Rp1 triliun kita di Kabupaten Bogor agak berat. Makannya kita meminta kepada BPTJ, mengusulkan flyover tembusan Bomang," jelas Iwan.

Pemerintah Kabupaten Bogor tahun ini juga menganggarkan Rp3 miliar untuk melanjutkan pembangunan Jalan Bojonggede-Kemang atau Bomang pada APBD tahun anggaran 2023.

Baca juga: Ketua DPRD Bogor dukung Pemkab minta pemerintah pusat tangani Jalan Bomang

Tahun 2022, Pemerintah Kabupaten Bogor menganggarkan Rp45 miliar untuk pekerjaan konstruksi yang dikerjakan oleh PT Kemang Bangun Persada dengan nilai kontrak Rp44,29 miliar.

Namun, anggaran daerah tidak cukup untuk merampungkan Jalan Bomang yang memiliki panjang sekitar 8,5 kilometer. Sehingga membutuhkan bantuan pemerintah pusat.

Pada tahun 2019 lalu, Pemerintah Kabupaten Bogor telah menghitung kebutuhan biaya pembangunan secara keseluruhan, yakni sekitar Rp1,6 triliun untuk menyambungkan Jalan Tegar Beriman Cibinong dengan Jalan Raya Parung melalui Jalan Bomang.(KR-MFS)

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023