Program 5.000 Wirausaha Baru yang dijalankan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok, Jawa Barat, saat ini sudah mencapai 4.200 wirausaha baru yang berhasil dibina lewat program tersebut.

"Untuk program unggulan ini mudah-mudahan hingga 2024 sudah bisa tercapai," jelas Asisten Ekonomi Pembangunan Setda Kota Depok, Mohammad Fitriawan di Depok, Rabu.

Dalam Program 5.000 WUB tersebut Pemkot Depok mencetuskan dan membina ratusan perusahaan rintisan (startup). Menurut Fitriawan, potensi perkembangan startup sangat besar di era digitalisasi saat ini.

Baca juga: DKUM Depok siap cetak 2.100 WUB pada 2023
Baca juga: Pemkot Depok jaring masyarakat yang ingin ikuti program wirausaha baru

"Tidak hanya dibentuk, para startup ini setelah dicetuskan, dibina mengikuti inkubasi dan dipertemukan juga dengan para investor. Kami rasa ini menarik untuk peluang anak muda Depok mengembangkan startup," jelasnya.

Ia menjelaskan Program 5.000 Wirausaha Baru dan 1.000 Perempuan Pengusaha merupakan salah satu dari 10 program Wali Kota dan Wakil Wali Kota Depok.

"Masing-masing perangkat daerah menunjukkan progres yang baik dalam pelaksanaan program Wali Kota dan Wakil Wali Kota Depok, secara umum sampai saat ini hampir semua bisa tercapai, beberapa ada yang masih terkendala, maka akan kami coba cari solusi bersama," katanya

Baca juga: DKUM Depok siapkan program wira usaha baru untuk 1.750 orang

Berikut 10 Program Wali Kota-Wakil Wali Kota Depok Periode 2021-2026 adalah pertama Dana Rp5 miliar per kelurahan, kedua Ciptakan 5.000 pengusaha/start-up baru dan 1.000 perempuan pengusaha, ketiga insentif guru honorer dan guru swasta, keempat Alun-alun dan taman hutan kota di wilayah barat.

Selanjutnya kelima insentif pembimbing rohani, keenam insentif RT, RW, LPM, ketujuh Pusat olahraga dan UMKM, kedelapan WiFi gratis untuk masyarakat, Sekolah/madrasah negeri per kecamatan, Posyandu/Posbindu di setiap RW.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023