Program studi Teknik Informatika dan Teknik Elektro Universitas Pancasila melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) Berkelanjutan dengan memberikan Penyuluhan Bahaya Sinyal dan Radiasi kepada Guru PAUD di Depok.

"Kegiatan ini pula turut mengintegrasikan keilmuan berbagai Program Studi yang ada di Fakultas Teknik. Dari penyuluhan ini pula diharapkan para Guru dapat menggunakan media pembelajaran secara bijak dan menginformasikan Kembali ke pada orang tua dan muridnya," kata Ketua Pelaksana PkM Desti Fitriati, S.Kom., M.Kom. dalam keterangannya di Jakarta, Senin.
 
Ia mengatakan pendidikan PAUD menjadi pintu awal dalam membentuk karakter anak, dimana guru mempunyai peran sangat penting terutama pada saat menyampaikan bahan ajar. Persiapan bahan ajar memerlukan perencanaan yang matang, demikian juga dengan media untuk menyampaikan pembelajaran. 

Baca juga: Universitas Pancasila berdayakan perempuan dengan edukasi membuat yoghurt
Baca juga: UP kolaborasi dengan CTI dalam program Chinese Language and Inovation Center

Multimedia yang saat ini ada meliputi teks, audio, grafis/ visual sampai video, dapat digunakan untuk menjadi media pembelajaran yang menarik, sehingga materi yang disampaikan lebih mudah diserap dan dicerna oleh peserta didik. 

Program Studi Teknik Informatika dalam mengimplementasikan keilmuannya mengadakan workshop untuk Para Guru PAUD di Kecamatan Cipayung sebagai bentuk kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang diselenggarakan secara online pada hari Senin, 11 September 2023. 

Kegiatan PkM ini berlanjut dimana guru tidak hanya diajarkan tentang cara membuat bahan ajar tapi juga diberikan penyuluhan tentang Bahaya Sinyal dan Radiasi dari penggunaan barang elektronik seperti laptop dan handphone. 

Baca juga: UP jalin kerja sama LLDIKTI ciptakan kampus tanpa batas

Semakin tingginya tingkat penggunaan telepon seluler dan laptop/komputer di masyarakat tentunya juga harus dicermati, apakah ada efek samping dari penggunaannya terhadap kesehatan manusia karena telepon seluler dan laptop/komputer menggunakan pancaran gelombang radio, yang merupakan salah satu gelombang elektromagnetik, sebagai media transfer data, maka akan terjadi paparan gelombang elektromagnetik pada benda-benda di sekitar benda tersebut. 

Jika radiasi yang diterima oleh benda di sekitar telepon seluler dan laptop/komputer memiliki energy yang tinggi, dikawatirkan ini akan member dampak buruk pada tingkat kesehatan hidup pengguna. 

"Kegiatan ini diselenggarakan dari pendanaan Hibah Fakultas Teknik Universitas Pancasila yang turut serta mendukung kemajuan keilmuan dan sosial para Dosen agar lebih berguna ke Masyarakat luas," katanya.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023