Organisasi sosial kemanusian Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat menggelar kegiatan orientasi kepalangmerahan bagi pengurus tingkat kecamatan dalam rangka memantapkan kinerja dan program organisasi.

Ketua PMI Kabupaten Bekasi Akhmad Kosasih mengatakan orientasi kepalangmerahan merupakan kegiatan yang wajib diikuti oleh seluruh ketua PMI tingkat kecamatan usai dilantik sebagai jajaran pengurus di PMI Kabupaten Bekasi.

"Kegiatan ini bertujuan memberi pembekalan pemahaman tentang organisasi kepalangmerahan serta meningkatkan pengetahuan para pengurus di bidang kepalangmerahan," katanya di Cikarang, Jumat.

Baca juga: PMI Bekasi gelar pelatihan spesialisasi pertolongan pertama di Lembang

Dia mengatakan pemahaman wawasan kepalangmerahan meliputi histori dan perkembangan gerakan palang merah, hukum perikemanusiaan internasional, lambang serta perhimpunan nasional.

"Selain itu juga sekaligus koordinasi terkait dengan tugas-tugas kepalangmerahan di wilayah, termasuk tanggap darurat bencana kekeringan yang saat ini melanda," katanya.

Kosasih menjelaskan kepengurusan Palang Merah Indonesia di kecamatan memegang peranan penting terhadap semua program PMI Kabupaten Bekasi termasuk dalam penanganan bencana yang menimpa masyarakat.

Baca juga: PMI Bekasi salurkan 20 ribu liter air untuk warga terdampak kekeringan di sejumlah titik

"Sejauh ini memang sangat efektif sekali karena memang para relawan di kecamatan inilah yang membantu PMI Kabupaten Bekasi sebagai relawan yang melayani masyarakat di wilayah. Para relawan ini yang bergerilya, bergerak cepat menangani insiden atau kejadian bencana di masyarakat," katanya.

Sebagai organisasi besar yang fokus sebagai bank darah juga turut serta terlibat dalam kegiatan kemanusiaan lain yang mampu berjalan beriringan dengan pemerintah daerah sebagai wujud nyata dedikasi dan kontribusi PMI Kabupaten Bekasi dalam membantu kesulitan-kesulitan yang dihadapi masyarakat.

"Pelayanan donor darah memang masih menjadi program utama kita untuk memenuhi ketersediaan darah di Kabupaten Bekasi. Di samping itu kita juga berinteraksi langsung menyentuh masyarakat karena kaitan dengan aksi kepalangmerahan," katanya.

Baca juga: PMI Kabupaten Bekasi gelar kegiatan sunatan massal gratis

Selain itu, kegiatan assessment penyaluran distribusi bantuan, pertolongan evakuasi, pelayanan kesehatan, dan lain-lain akan kita terus tingkatkan ke depan,demikian Akhmad Kosasih.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023