Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Bogor, Jawa Barat, menyosialisasikan perluasan area kerja pembangunan ulang atau revitalisasi Jembatan Otista untuk pemasangan balok penyangga badan jembatan.

Kepala Dinas PUPR Kota Bogor Rena Da Frina di Kota Bogor, Kamis, mengatakan perluasan area kerja meliputi panjang dan lebar untuk menyesuaikan rancangan ukuran Jembatan Otista yang baru.

"Perlu sosialisasi kepada masyarakat sekitar karena perluasan area pekerjaan terutama ketika balok datang agar sesuai dengan ukuran," jelasnya.

Baca juga: Pemkot Bogor kejar pembangunan tiga proyek infrastruktur jalan senilai Rp57,1 miliar

Rena berharap proyek pembangunan Jembatan Otista yang bersumber dari Bantuan Pemerintah Provinsi Jawa Barat sebesar Rp101 miliar, terbagi atas Rp52 miliar untuk pembebasan lahan warga yang terdampak di sekelilingnya dan Rp49 miliar untuk pembangunan ulang badan jembatan menjadi lebih lebar berjalan lancar sesuai target.
 

Perluasan area pekerjaan untuk memasangkan balok menopang jembatan yang semula memiliki lebar 15 meter bertambah menjadi 22 meter dan panjang jembatan pun berubah dari 34 meter menjadi 50 meter.

Baca juga: DPRD Bogor koordinasi pemkot beri akses pejalan kaki di area Otista

Rena menerangkan dengan perluasan area kerja maka sementara lahan parkir di badan jalan yang masih diakses masyarakat di sekitar jembatan tidak ada.

Sosialisasi pun mulai dilakukan agar masyarakat mendapatkan informasi terlebih dahulu sebelum balok datang dan pengerjaan dilakukan.

Pengerjaan pemasangan balok-balok ditargetkan satu bulan mulai dari pertengahan September hingga akhir Oktober 2023.

Baca juga: Pemkot Bogor optimistis pembangunan ulang Jembatan Otista selesai lebih awal

"Akan dikerjakan mulai pertengahan September hingga akhir Oktober 2023, dengan perluasan area berarti parkir di badan jalan tidak ada lagi, perkiraan sampai Oktober," ujarnya.

Pewarta: Linna Susanti

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023