Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, akan menuntaskan 45 titik jalan lingkungan di wilayah perkotaan pada tahun ini. 

Sekretaris Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Purwakarta, Dian Ardiansyah, di Purwakarta, Rabu, mengatakan, kegiatan pembangunan jalan lingkungan tahun ini berkurang dibandingkan dengan tahun lalu.

"Tahun ini, kami mengalokasikan anggaran untuk penanganan jalan lingkungan sekitar Rp5,3 miliar untuk kegiatan pembangunan di 45 titik. Itu akan diselesaikan hingga akhir tahun nanti," katanya. 

Sementara pada tahun lalu, pembangunan jalan lingkungan di wilayah perkotaan Purwakarta digelar di 64 titik, dengan menghabiskan anggaran sekitar Rp11,4 miliar.

Dian mengatakan, pelaksanaan kegiatan pembangunan jalan lingkungan ini dilakukan melalui kegiatan padat karya. Sehingga menjadi bagian dari upaya memberdayakan masyarakat setempat.

Untuk tujuan dari penanganan jalan lingkungan ialah  untuk mempercepat pemulihan ekonomi dan meningkatkan daya beli masyarakat. Termasuk, untuk penanganan inflasi sesuai arahan dari pemerintah pusat. 

Selain jalan lingkungan, pada tahun ini pihaknya juga melaksanakan pembangunan jalan lingkungan sekolah. 

Menurut dia, kegiatan pembangunan jalan lingkungan sekolah tahun ini digelar di 88 titik, dengan anggaran sekitar Rp12,2 miliar yang bersumber dari APBD Purwakarta.

Jalan lingkungan sekolah ini adalah jalan yang menjadi akses menuju lokasi sekolah. 

"Tahun lalu juga kami telah melaksanakan kegiatan pembangunan jalan lingkungan sekolah di 47 titik, dengan menghabiskan anggaran sekitar Rp3,6 miliar," kata dia. 

Dian menyampaikan kalau kegiatan pembangunan jalan lingkungan perkotaan dan jalan lingkungan sekolah menjadi hal penting untuk memenuhi kebutuhan infrastruktur yang dibutuhkan masyarakat. 

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023