Satlantas Polresta Bogor Kota, Polda Jawa Barat memantau angka pelanggaran lalu lintas di wilayahnya menurun 50 persen dari 40 menjadi 20 tilang elektronik yang terekam kamera Electronic Traffic Law Enforcement(ETLE) per hari pada Operasi Zebra Lodaya 2023 ini.

Kasatlantas Polresta Bogor Kota Kompol Galih Apria saat ditemui di Terminal Baranangsiang, Sabtu, mengatakan sosialisasi masif baik secara langsung, media sosial, maupun media massa oleh kepolisian membuat mayoritas masyarakat Kota Bogor telah memahami operasi Zebra Lodaya 2023.

"Tilang ETLE menurun, karena masyarakat sudah tahu operasi Zebra, rata-rata sudah tahu aturan lalu lintas, yang masih banyak sifatnya teguran untuk lawan arah," kata Galih.

Baca juga: Satlantas Polresta Bogor beri sabuk pengaman anak ke pengendara sepeda motor
Baca juga: Polresta Bogor utamakan penindakan dalam Operasi Zebra

Ia menyebut, bahwa ketika tilang ETLE menurun 50 persen, pengendara sepeda motor yang melawan arus di jalan raya Batutulis, Kecamatan Bogor Selatan dan Jalan Suryakencana, Kecamatan Bogor Tengah masih cukup banyak, 40 pelanggaran per hari.

Satlantas, kata Galih, telah menurunkan personel untuk memantau arus lalu lintas di kedua titik tersebut untuk menurunkan pelanggaran lawan arus.

Ia menjelaskan, aksi lawan arus membahayakan diri pengendara dan masyarakat pengguna jalan lain. Ketika kendaraan lain tidak dalam kontrol yang baik bisa menyebabkan kecelakaan.

Baca juga: Polresta Bogor Gelar Operasi Zebra Lodaya

Namun demikian, hingga hari keenam operasi Zebra Lodaya 2023 kecelakaan di Kota Bogor hanya ada dua peristiwa. Kedua peristiwa itu pun berkategori ringan, tidak korban jiwa ataupun luka-luka sedang. Di antaranya kasus mobil dinas KPP Pratama Celeungsi, Kabupaten Bogor yang melambung saat keadaan antrean kendaraan padat di simpang Sukasari yang menyebabkan pengendara motor terjatuh namun tidak luka-luka dan telah saling memaafkan.

"Sampai saat ini aman, seperti sebelumnya, mudah-mudahan semakin menurun, bahwa masyarakat mengerti operasi Zebra Lodaya ini untuk menurunkan angka kecelakaan dan fatalitas," jelasnya.

Pewarta: Linna Susanti

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023