Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi menggandeng Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat untuk memberdayakan warga khususnya kaum perempuan untuk membuat produk UMKM berbahan dasar ikan.

"Untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Diskan bersama TP PKK Kabupaten Sukabumi melakukan program pemberdayaan masyarakat dengan mendorong warga untuk berkreasi menciptakan produk olahan ikan yang hasilnya dijadikan sebagai ladang usaha berbasis UMKM," kata Kadiskan Kabupaten Sukabumi Nunung Nurhayati di Sukabumi pada Minggu, (3/9).

Menurut Nunung, Kabupaten Sukabumi merupakan salah satu daerah penghasil ikan segar baik ikan air tawar maupun laut. Maka dari itu, pihaknya menciptakan berbagai kegiatan agar potensi ini bisa dimanfaatkan oleh warga sebagai usaha untuk meningkatkan perekonomian minimal keluarganya.

Baca juga: Bupati Sukabumi ingin produk UMKM dipermudah tembus pasar ASEAN
Baca juga: Pemkab Sukabumi luncurkan program pengembangan usaha kelautan dan perikanan

Bahkan, pihaknya pun mengapresiasi warga yang diikutsertakan pada perlombaan masak berbahan baku ikan tingkat Provinsi Jabar , yang dilaksanakan hari Jumat, 1 September 2023, di Gedung PKK Provinsi Jabar, Kota Bandung yang berhasil menyabet juara III mengalahkan peserta lain yang berasal dari berbagi kota/kabupaten di Jabar.

Dengan prestasi yang ditorehkan tersebut, ini membuktikan bahwa jika potensi ini digali dan dimanfaatkan maka bisa mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat. Tentunya dalam mendorong warga untuk menjadi pelaku UMKM, pihaknya akan memberikan pendampingan serta bantuan usaha hingga pemasaran produk yang dihasilkan.

"Kreativitas dan inovasi tentunya sangat mendukung usaha yang dikembangkan, apalagi permintaan produk olahan berbahan dasar ikan banyak diminati serta pasarnya masih terbuka lebar, potensi ini harus dimanfaatkan," tambahnya.

Baca juga: DPMPTSP Kota Sukabumi permudah pembuatan NIB untuk ribuan pelaku UMKM

Di sisi lain, Nunung mengatakan dengan mengikuti perlombaan tersebut dan menjadi juara diharapkan menjadi motivasi warga lainnya untuk berkreasi serta berinovasi membuat olahan makanan berbahan dasar ikan.

Selain meningkatkan perekonomian, juga bisa mendorong masyarakat agar gemar makan ikan khususnya anak-anak karena ikan memiliki kandungan gizi tinggi yang sangat baik untuk perkembangan otak dan menyehatkan tubuh di masa pertumbuhan.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023