Kantor SAR Bandung membuat unit siaga SAR Cianjur, Jawa Barat, sebagai upaya penangan cepat dalam operasi pencarian dan pertolongan atau Search And Rescue (SAR) yang kerap terjadi di wilayah tersebut dalam setiap pekannya.

Kepala Kantor SAR Bandung, Jumaril di Cianjur Minggu, mengatakan pihaknya sudah melakukan pertemuan dengan sejumlah kalangan di Pemkab Cianjur, terkait pembentukan pelayanan SAR Kabupaten Cianjur yang memiliki potensi bencana yang cukup tinggi.

"Basarnas Bandung seringkali melaksanakan operasi SAR di Cianjur, mulai dari bencana, kondisi membahayakan jiwa manusia ataupun penanganan kecelakaan kapal atau nelayan tenggelam di Perairan Cianjur," katanya.

Baca juga: Tim SAR evakuasi jasad gadis asal Cianjur yang tenggelam di sungai Cibuni Sukabumi

Pembentukan unit SAR di Cianjur, ungkap dia, melalui berbagai pertimbangan seperti mempercepat waktu tindakan agar pelayanan pertolongan terhadap setiap laporan warga dapat secepat mungkin dilakukan terlebih wilayah Kabupaten Cianjur yang begitu luas.

Sehingga kehadiran unit SAR di Cianjur disetujui dinas dan instansi yang hadir dalam pertemuan beberapa waktu lalu di Kantor Setda Cianjur, sehingga pembentukan akan segera dilakukan dalam waktu dekat.

 

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023