Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) dan perusahaan Sergek Projects Ltd. dari Kazakhstan menjalin kerja sama dalam bidang mobilitas pintar di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur.

“Kerja sama ini merupakan proof of concept untuk mengetahui apakah teknologi yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan kita dan membantu kehidupan kita di IKN jadi lebih efisien, nyaman, dan praktis,” ujar Kepala OIKN Bambang Susantono dalam keterangannya di Jakarta, Minggu.

Bambang mengatakan bahwa OIKN melalui Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital OIKN Mohammed Ali Berawi menandatangani nota kesepahaman dengan perusahaan Kazakhstan tersebut tentang Kolaborasi Lalu Lintas dan Mobilitas Pintar.

Baca juga: OIKN: Kearifan lokal adat istiadat penting untuk dipertahankan di Kawasan IKN Nusantara
Baca juga: OIKN: HUT RI 2024 di IKN jadi titik awal perpindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Nusantara

Sementara itu, Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital Mohammed Ali Berawi mengatakan bahwa teknologi dari perusahaan yang sudah menjalin kerja sama dengan OIKN di bidang teknologi nantinya dipamerkan di Techno House IKN Nusantara untuk uji coba.

“Nantinya, masyarakat bisa melihat, menggunakan, dan merasakan teknologi yang ditawarkan untuk kemudian menjadi bahan pertimbangan, teknologi mana yang paling cocok untuk dikembangkan dan diterapkan di IKN,” kata Ali.

IKN Nusantara adalah Ibu Kota Negara Indonesia di masa depan, yang ditetapkan dan diatur oleh Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022.

IKN Nusantara mengubah orientasi pembangunan menjadi Indonesia-sentris, dan berfungsi untuk mempercepat transformasi ekonomi negara.

Baca juga: OIKN sebut sumber air IKN dipasok dari empat bendungan di Sepaku dan sekitarnya

Berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia (Perpres) Nomor 63 Tahun 2022 tentang Perincian Rencana Induk Ibu Kota Nusantara menyatakan bahwa sistem koridor transportasi baru yang mewujudkan desain berbasis prinsip yang digabungkan dengan jalan akan membentuk ekosistem yang tidak membebani lingkungan.

Salah satu prinsip utama IKN Nusantara dari strategi mobilitas kota yang efisien, aman, dan tangguh yakni mengadopsi intelligent transport systems (ITS) dari solusi teknologi baru yang dapat berdampak positif pada masyarakat, lingkungan, dan ekonomi IKN Nusantara.

Pewarta: Aji Cakti

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023