Puluhan bakal calon kepala desa yang berasal dari 12 desa mengikuti uji kompetensi di Kampus STISIP Widyapuri Mandiri, Kecamtan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Jabar, pada Kamis. 

"Uji kompetensi ini untuk mengetahui sejauh mana bakal calon kades tersebut berkompeten memimpin desanya, karena hasil dari pengujian ini akan diketahui apakah bakal calon kades memiliki kompetensi untuk menjadi pemimpin," kata Bupati Sukabumi Marwan Hamami.

Menurut Marwan, uji kompetensi ini merupakan bentuk amanat dari Perda Kabuipaten Sukabumi Nomor  6/2021 tentang Pemilihan Kepala Desa. Di mana setiap desa yang melaksanakan pilkades serentak siklus II gelombang II 2023 di Kabupaten Sukabumi dengan jumlah bakal calon lebih dari lima orang, para bakal colon kades itu harus mengikuti uji kompetensi.

Penguji yang memberikan ujian kepada para bakal calon kades itu berasal dari sejumlah sekolah tinggi maupun universitas ternama. Sehingga satu persatu bakal calon kades harus bisa melewati ujian yang diberikan para penguji.

Ia pun meminta kepada seluruh penguji untuk melaksanakan pengujian ini dengan benar dan seobjektif mungkin karena tentunya pihaknya mendapatkan hasil yang terbaik. Meskipun tiak bukan syarat utama untuk ikut pilkades, tetapi hasil dari uji kompetensi bisa diketahui sejauh mana ilmu pengetahuan mereka.

"Dengan uji kompetensi ini diharapkan bisa menghasilkan pemimpin yang terbaik seperti benar-benar bisa membangun desanya dan menjawab persoalan-persoalan yang ada di desanya," katanya.

Seleksi tambahan ini dilakukan bagi Desa yang memiliki bakal calon kepada desa lebih dari lima orang. Karena berdasarkan aturan maksimal calon kepala desa itu berjumlah lima orang.

Para bakal calon kepala desa yang mengikuti uji kompetensi itu berasal dari 12 desa Desa Cibodas, Nangkakoneng, Padabeunghar, Pamuruyan, Parakansalak, Karangtengah, Ciemas, Cidahu, Pabuaran, Mekarsari, Ciengang, dan Tegalbuleud.

Hadir pada acara tersebut Plt.Asisten Pemkesra, Kadis DPMPD dan undangan lainnya.

Ketua STISIP Widiapuri Mandiri Kantirina Rachaju selaku panitia pelaksana uji kompetensi bakal calon kades mengatakan ada 80 bakal calon kades yang mengikuti uji kompetensi ini mereka berasal dari 12 desa yang tersebar di 11 kecamatan. Adapun uji kompetensi ini meliputi sesi ujian tertulis dan wawancara.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023