Politeknik Negeri Media Kreatif (Polimedia) bersama PT Indofood CBP Sukses Makmur membangun "teaching factory" atau pembelajaran berbasis industri teknologi pengemasan, sebagai tindak lanjut kerja sama yang telah dilakukan sejak tahun 2021.

"Soft launching 'teaching factory' ini menjadi langkah terkini Polimedia terkait kolaborasi bersama industri yang semakin baik dan membantu kami dalam mempersiapkan SDM unggul dan terampil," kata Direktur Polimedia Tipri Rose Kartika di Gedung Produksi Polimedia, Jakarta, Rabu.

Rangkaian kerja sama, kata dia, dimulai dengan memberikan kompetensi teknis dasar yang menyelaraskan kurikulum dengan industri. Selanjutnya kurikulum tersebut meningkatkan kualitas dari pembelajaran dan SOP yang tepat sehingga dapat dilaksanakan dengan efisien.

Baca juga: Peneliti IPB paparkan 3 konsep perkembangan teknologi kemasan

Tipri Rose menambahkan magang industri juga turut mengembangkan kemampuannya secara hardskill dan softskill. Sehingga Teaching Factory ini merupakan wujud dari tahapan sebelumnya, sehingga dibutuhkan kolaborasi yang kuat.

Sementara itu Wakil Divisi PT Indofood CBP Sukses Makmur, Johanes Julia mengatakan awalnya pihaknya bercita-cita membuat sekolah kemasan dan ternyata ada Polimedia yang memiliki bidangnya langsung.

"Dari itu kita berangkat untuk bekerja sama," katanya.

Baca juga: Diskumindag kota Sukabumi dorong pelaku IKM tingkatkan kualitas kemasan

Hingga saat ini, PT Indofood CBP Sukses Makmur telah merekrut lulusan Polimedia sebanyak 16 orang. Ke-16 orang tersebut merupakan hasil penjaringan saat melaksanakan magang industri di divisi flexible kemasan perusahaan itu.

"Ini memberikan bukti bahwa kerja sama tidak hanya di atas kertas, melainkan proses yang berkelanjutan, sampai penyerapan lulusan," katanya.

Pelaksana Tugas (Plt). Direktur Mitras Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI), Kemendikbudristek, Uuf Brajawidagda mengatakan "teaching factory" ini merupakan proses kolaborasi yang baik antara akademik dengan industri, sehingga kerjasama yang diharapkan dari hulu ke hilir dapat berkelanjutan.

Baca juga: Unifam kampanyekan baca label kemasan bagi anak

Ia mengatakan PT Indofood CBP Sukses Makmur menjadi salah satu capaian kerja sama yang telah teraktualisasi sampai terbentuknya teaching factory. Hingga awal tahun 2023, Polimedia telah melakukan penandatanganan kerja sama kepada lebih dari 46 mitra DUDI.

Pada tahun selanjutnya, diharapkan semakin banyak mitra industri yang membangun teaching factory bersama Polimedia. Tujuannya agar lulusan yang dihasilkan oleh perguruan tinggi dapat dihilirasi dan dimanfaatkan oleh masyarakat, demikian Uuf Brajawidagda.
 

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023