Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, Jawa Barat, mengembangkan industri pangan bermutu yang aman dikonsumsi untuk kesehatan masyarakat.

"Kami berkewajiban untuk menumbuhkan kesadaran dan memotivasi produsen dan karyawan tentang pentingnya pengolahan pangan yang higienis dan tanggung jawab terhadap keselamatan konsumen," kata Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinkes Kota Depok Juri Hendrajadi di Depok, Selasa.

Untuk itu kata dia sebanyak 25 Industri Rumah Tangga Pangan (IRTP) di Kota Depok mengikuti bimbingan teknis (bimtek) penyuluhan keamanan pangan yang diselenggarakan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok. 
 
"Kami memiliki tugas untuk melakukan pembinaan IRTP agar dapat berdaya saing. Serta memberikan jaminan kepercayaan konsumen terhadap produk pangan yang dihasilkan," katanya. 

Dikatakannya, melalui cara produksi pangan yang baik industri pangan dapat menghasilkan pangan yang bermutu, layak dikonsumsi, dan aman bagi kesehatan. Selain itu, bimtek ini juga sebagai upaya dalam mendukung program 5.000 wirausaha baru dan 1.000 perempuan pengusaha di Kota Depok.

Kegiatan tersebut dimaksud untuk meningkatkan pemahaman tentang cara produksi pangan olahan yang baik bagi IRTP di Kota Depok.
Menurut Juri, IRTP harus menerapkan cara produksi pangan yang baik. Karena hal tersebut sangat berguna bagi kelangsungan hidup industri pangan baik yang berskala kecil, sedang, maupun yang berskala besar. 

"Dengan berkembangnya industri pangan yang menghasilkan pangan yang bermutu dan aman untuk dikonsumsi, maka masyarakat akan terlindung dari penyimpangan mutu pangan dan bahaya yang mengancam kesehatan," kata Juri.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023