Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat melakukan pemasangan lampu penerangan jalan untuk pemenuhan standar fasilitas penunjang aktivitas mobilitas masyarakat di lingkungan permukiman, perkampungan dan pedesaan.

"Program ini mendukung mobilisasi masyarakat melalui penerangan jalan lingkungan, jadi aktivitas masyarakat tidak hanya bergantung pada siang hari tetapi juga bisa pada malam hari karena akses jalan sudah terang," kata Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Bekasi Nur Chaidir di Cikarang, Jabar, Selasa.

Dia menilai ketersediaan penuh sarana penerangan jalan lingkungan penting untuk mendukung mobilitas masyarakat khususnya dalam pergerakan perekonomian sekaligus mengurangi risiko kecelakaan dan kejahatan di malam hari.

Baca juga: Pemkab Bekasi pasang lampu PJU di 15 kecamatan cegah aksi kriminal
Baca juga: Tragis, seorang pria tewas tersengat listrik saat perbaiki lampu jalan di Bekasi

"Sehingga melalui pemasangan lampu penerangan jalan ini, keamanan wilayah di lingkungan permukiman semakin meningkat," katanya.

Kegiatan pemasangan dan pemeliharaan lampu penerangan jalan lingkungan ini dapat dijalankan oleh Disperkimtan berkat pemisahan tanggung jawab antara penerangan jalan umum dengan jalan lingkungan yang sebelumnya ada pada Dinas Perhubungan Kabupaten Bekasi.

Chaidir mengatakan sebagai tahap awal program Bekasi Terang tersebut, sebanyak 120 paket pengerjaan pemasangan lampu penerangan jalan lingkungan dikerjakan pemerintah daerah hingga penghujung tahun ini.

"Dengan adanya program ini saya berharap meskipun belum maksimal tetapi minimal di kampung-kampung itu sekarang jalanan sudah terang. Karena dulu kita fokus di jalan-jalan kabupaten. Saat ini kewenangan sudah dipisah, jadi bisa lebih fokus ke jalan-jalan lingkungan pemukiman," ucapnya.

Baca juga: Bekasi Bebas Jalan Gelap Mulai 2017

Ia menyatakan program Bekasi Terang memiliki sasaran hasil pemasangan fasilitas penerangan jalan lingkungan sebagai satu kesatuan dengan sarana dan prasarana umum yang disediakan pemerintah demi memaksimalkan akses dan mobilisasi masyarakat. Sedangkan capaian kesuksesan program ini dirasakan langsung oleh masyarakat.

"Targetnya semua jalan lingkungan yang belum mempunyai sarana penerangan jalan lingkungan, pelan-pelan kita sisir dan pelan-pelan kita pasang penerangan," kata dia.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023