Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono mengimbau warganya membantu upaya untuk mengurangi polusi udara dengan menggunakan sarana transportasi publik.

"Kita harus mengurangi pemakaian kendaraan baik motor dan mobil pribadi, gunakan transportasi publik yang ada. Penyumbang polusi udara dari berasal kendaraan," kata Imam di Depok, Jawa Barat, Senin.

"Saya juga mengimbau kepada warga untuk menanam pohon karena bisa menyerap polusi udara. Jangan tebang pohon, lindungi, sehingga alam terjaga udaranya," katanya.

Baca juga: Wali Kota sebut kualitas udara di Depok masih tergolong bersih dan aman dari polusi

Imam mengatakan bahwa pemerintah kota membangun trotoar dengan tanaman perdu agar warga bisa berjalan kaki dengan nyaman dan mengurangi penggunaan kendaraan bermotor.

"Di Jalan Margonda kita bangun trotoar agar orang suka jalan kaki," katanya.

Menurut dia, pemerintah kota ingin menyediakan trotoar-trotoar yang aman dan nyaman di wilayah Depok agar warga lebih banyak berjalan kaki.

"Supaya masyarakat lebih sehat, mengurangi polusi," katanya.

Baca juga: DLHK Kota Depok sebut kualitas udara masih tergolong sedang
Baca juga: Kualitas udara di Depok masih terbilang baik

Menurut Kelapa Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kota Depok Abdul Rahman, kualitas udara Kota Depok pada Senin tergolong baik berdasarkan data parameter PM10, PM2,5, NO2, SO2, CO, dan O3 dari Stasiun Pemantau Kualitas Udara Ambien.

"Kesimpulannya, kondisi kualitas udara Depok hari ini kategori baik," katanya.

Dia mengimbau warga membantu menjaga kualitas udara tetap baik, antara lain dengan tidak melakukan pembakaran di lahan terbuka serta melakukan uji emisi kendaraan secara berkala.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023