Pemerintah Kabupaten Sukabumi terus menggali potensi wisata yang berada di kawasan Unesco Global Geopark Ciletuh Palabuhanratu (UGGCP) untuk meningkatkan perekonomian Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat khususnya warga yang berada di sekitar objek wisata.

"Potensi pariwisata yang berada di kawasan UGGCP masih banyak yang bisa dikembangkan, tentunya potensi itu harus bisa  dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat karena dalam pengelolaannya Pemkab Sukabumi pasti akan melibatkan secara langsung warga sekitar," Bupati Sukabumi Marwan Hamami di Sukabumi,Senin.

Menurut Marwan, dari hasil Touring Sukabumi Ngabumi yang dilaksanakan selama dua hari pada Sabtu hingga Minggu (26-27/8) yang finis di pusat kawasan UGGCP tepatnya di Pantai Palangpang, Kecamatan Ciemas yang diikuti lebih dari peserta  mulai dari unsur Forkopimda Kabupaten Sukabumi, komunitas hingga masyarakat ternyata banyak potensi pariwisata yang bisa dikembangkan.

Ia pun optimistis jika potensi pariwisata tersebut bisa dikembangkan dan dikelola dengan baik maka tidak akan sulit untuk mendatangkan wisatawan ke Kabupaten Sukabumi, karena selain memiliki keindahan panorama alam serta masih alami juga terdapat banyak ilmu pengetahuan seperti salah satunya Pantai Palangpang ini merupakan sejarah terbentuknya Pulau Jawa jutaan tahun lalu sesuai hasil penelitian para peneliti dari universitas ternama baik dari dalam maupun luar negeri.

Tentunya dengan adanya potensi  yang masih bisa dikembangkan itu perlu adanya kerjasama antara Pemkab Sukabumi dengan masyarakat sekitar, sehingga bisa saling menguntungkan di mana pendapatan asli daerah (PAD) ikut meningkat dan pendapatan warga pun bertambah.

"Maka dari itu, kami berpesan kepada warga dan wisatawan yang datang ke objek wisata yang ada di kawasan UGGCP untuk selalu menjaganya jangan sampai rusak serta yang tidak kalah pentingnya tidak membuang sampah sembarangan agar kawasan ini terjaga kebersihannya," tambahnya.

Di sisi lain, Marwan mengatakan Touring Sukabumi Ngabumi tersebut dilaksanakan selain untuk memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Sukabumi (HJKS) sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat yang diberikan Allah SWT juga untuk mempromosikan berbagai potensi yang ada di kawasan UGGCP baik wisata, kuliner, UMKM dan lainnya.

Baca juga: Pesta Nelayan ke -26 Cisolok bantu promosikan pariwisata Sukabumi

Baca juga: Pembuatan Film Gurilaps bantu promosikan pariwisata Sukabumi

Baca juga: Pantai Cikembang destinasi wisata baru di ujung selatan Kabupaten Sukabumi


 

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023