Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok Jawa Barat bertekad untuk dapat meraih ASEAN Smokefree Awards (ASA) 2023 yang akan bersaing dengan kota dan kabupaten lainnya di Indonesia.

Untuk itu Dinkes Depok terus mengadakan rapat pembahasan kawasan tanpa rokok (KTR) dan rapat persiapan monitoring dan evaluasi menjelang penilaian ASEAN Smokefree Awards (ASA) Tahun 2023.

"Rapat ini sebagai salah satu persiapan yang dilakukan untuk menghadapi penilaian ASA Tahun 2023, dengan melibatkan seluruh komponen untuk dapat berkolaborasi bersama dalam penerapan KTR di Kota Depok," kata Kepala Dinkes Depok Mary Liziawati di Depok, Jumat.

Baca juga: ASEAN Smokefree Award siapkan generasi muda sehat tanpa rokok
Baca juga: Satpol PP Depok tegur 15 penjual rokok karena langgar KTR

Rapat tersebut dihadiri perangkat daerah terkait, camat dan lurah, Forum Komunikasi Depok Sehat (FKDS) Kota Depok, Forum Generasi Berencana (GenRe), Forum Anak, serta Tim Satuan Tugas (Satgas) KTR mulai dari tingkat kota hingga kelurahan.

Mary menambahkan, penilaian ASA Tahun 2023 akan berlangsung pada 30 Agustus hingga 1 September 2023.

Nantinya, saat penilaian akan dilakukan kunjungan ke tujuh kawasan KTR yaitu fasilitas pelayanan kesehatan, sekolah, area bermain anak, tempat ibadah, angkutan umum, tempat kerja dan fasilitas umum.

Baca juga: Perda KTR, Pemkot Depok raih penghargaan dari APCAT

Dikatakan Mary, terkait hal tersebut, pihaknya akan melakukan upaya semaksimal mungkin dalam penerapan KTR di sejumlah lokasi khusus (lokus). Tentunya dengan memenuhi indikator yang menjadi penilaian.

"Akan kami perkuat indikator kepatuhan di masing-masing lokus dan memastikan adanya keberadaan penanda rambu 'Dilarang Merokok'," ujarnya.

ASEAN Smokefree Award (ASA) tersebut dalam rangka meningkatkan upaya promosi lingkungan bebas asap rokok di seluruh negara ASEAN.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023