Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bekasi, Jawa Barat membuka pelayanan permohonan administrasi kependudukan dengan sasaran para pengunjung salah satu pusat perbelanjaan di daerah itu.

"Pelayanan 'jemput bola' kali ini kami laksanakan di Pollux Mall Jalan K.H. Raden Ma'mun Nawawi pada 22-24 Agustus 2023 menyasar pengunjung serta warga sekitar," kata Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Disdukcapil Kabupaten Bekasi Achmad Syarief di Cikarang, Selasa.

Ia menjelaskan kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Jadi Ke-73 Kabupaten Bekasi dan HUT Ke-78 Republik Indonesia di daerah setempat, sekaligus melanjutkan komitmen memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

Baca juga: Disdukcapil Bekasi datangi kampus layani pemohon identitas digital

Petugas Disdukcapil Kabupaten Bekasi melayani pemohon dokumen identitas kependudukan digital di SMA Pangudi Luhur Delta Mas Kecamatan Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi, Selasa (22/8/2023). (ANTARA/Pradita Kurniawan Syah).

Pelayanan Program Siap Melayani Mudah Prosesnya (SimPRO) ini, antara lain berupa  perekaman KTP elektronik, pencetakan kartu keluarga, kartu identitas anak, identitas kependudukan digital, serta pencetakan akta kelahiran dan akta kematian.

Dia mengatakan pelayanan "jemput bola" ini melibatkan delapan personel Disdukcapil Kabupaten Bekasi yang membuka gerai di atrium utama pusat perbelanjaan itu, mulai pukul 10.00-18.00 WIB setiap hari.

Baca juga: Disdukcapil Bekasi layani dokumen kependudukan 'jemput bola' melalui mobil keliling

Syarief mengaku salah satu program terbaru yakni identitas kependudukan digital memiliki manfaat mempermudah dan mempercepat transaksi pelayanan privat ataupun publik dalam bentuk digital, sekaligus mengamankan kepemilikan identitas digital melalui sistem autentifikasi untuk mencegah pemalsuan data.

Dirinya mengimbau masyarakat segera melakukan registrasi identitas kependudukan digital dengan langsung mendatangi gerai khusus di lingkungan pusat perbelanjaan ini karena manfaat penting yang didapatkan pada kemudian hari.

Pada waktu yang bersamaan, Disdukcapil Kabupaten Bekasi juga melakukan pelayanan penerapan kependudukan digital di SMA Pangudi Luhur Delta Mas Kecamatan Cikarang Pusat, dengan sasaran para pelajar dan pengajar sekolah tersebut.

Baca juga: Disdukcapil Bekasi targetkan pencetakan 300.000 KIA selama 2023

"Kami juga sedang memberikan pelayanan khusus identitas kependudukan digital bagi pelajar dan mahasiswa. Hari ini di SMA Pangudi Luhur Delta Mas. Kami berharap semua bisa registrasi cuma kembali lagi kepada respons dari adik-adik pelajar dan pengajar sekolah ini, sejauh ini mereka sangat antusias," kata dia.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023