Sejumlah Usaha, Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) lokal dengan keunikan produk dan juga bahan baku ramah lingkungan meramaikan Hari Belanja Online ASEAN 2023 di Semarang, Jawa Tengah.

"Kami berinisiatif untuk membuat tas yang terbuat dari Bahan plastik yang sudah didaur ulang dan bisa digunakan secara terus menerus untuk berbelanja
dan beraktivitas lainnya,” kata Syahrial Aman, pemilik Syam’s Handicraft, salah satu UMKM yang menjadi peserta "Harbolnas" ASEAN 2023 atau ASEAN Online Sale Day (AOSD) di Semarang, Minggu.

Adapun "Harbolnas" ASEAN pada 19-22 Agustus 2023 diselenggarakan dalam rangkaian Pertemuan Para Menteri Ekonomi ASEAN (ASEAN Economic Ministers (AEM) ke-55.

Syahrial mengatakan Syam’s Handicraft menampilkan produk dari bahan plastik daur ulang. Penggunaan bahan plastik daur ulang itu untuk menindaklanjuti kebijakan pemberlakuan pengurangan penggunaan plastik di pasar tradisional dan pasar swalayan.

Syahrial mengaku memiliki sekitar 100 jenis produk dan telah diekspor ke berbagai negara seperti Meksiko, Uni Emirat Arab, Benua Afrika, Jepang, Singapura, Belgia, Inggris, Australia, Amerika Serikat, dan beberapa negara Eropa lainnya.

"Kami menampilkan desain yang menyesuaikan dengan permintaan tertentu dan selera dari negara yang memesan,” kata dia.

Produsen lokal lainnya dalam "Harbolnas" ASEAN, Negeri Laskar Pelangi, yang berasal dari Pulau Belitung menampilkan kain batik tulis khas Belitung, tas ecoprint yang menggunakan bahan pewarna alami dari tumbuhan, dan sedotan urun yang ramah lingkungan.

Pewarta: Indra Arief Pribadi

Editor : Feru Lantara


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023