Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat menggelar Festival Kreatif untuk mengoptimalkan potensi ekonomi kreatif daerah sekaligus momentum menyambut Hari Jadi ke-73 Kabupaten Bekasi serta HUT Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia.

"Festival Kreatif ini membuka kesempatan bagi pelaku UMKM dan industri ekonomi kreatif serta generasi pemuda untuk mempromosikan serta menjual produk-produk unggulan mereka ke konsumen," kata Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan di Cikarang, Sabtu.

Dia mengatakan kegiatan yang diinisiasi Dinas Pariwisata ini merupakan wujud nyata dalam memaksimalkan potensi industri kreatif yang di Kabupaten Bekasi. Festival kreatif ini juga dapat dijadikan sebagai ajang mendorong kreatifitas kalangan muda di sektor industri kreatif.

"Kalau selama ini kita yang selalu dikenal adalah industri manufaktur, padahal di sisi lain kita juga punya industri kreatif yang cukup potensial, hanya perlu dikembangkan, diwadahi, dan diberikan sarana agar dapat terus mengembangkan diri dan bisa memasarkan produk-produk," katanya.

Menurut dia Kabupaten Bekasi memiliki banyak potensi dalam bidang industri kreatif. Jika potensi ini terus dikembangkan maka akan mampu menciptakan lapangan pekerjaan sekaligus menunjang perekonomian masyarakat.

"Food etnik atau makanan tradisional dengan kreatifitas bisa ditampilkan jadi makanan kelas hotel bintang lima, dengan kreatifitas motor-motor tua bisa naik kelas jadi kastem sehingga harganya pun berlipat ganda, dan dengan kreatifitas pakaian bisa jadi unik dan harganya pun naik. Dan itulah industri kreatif yang merupakan wujud seni masa depan kita," katanya.

Melalui Festival Kreatif ini, Dani berharap dapat memberikan motivasi dan edukasi terhadap generasi muda. Sehingga generasi milenial itu dapat mengembangkan talenta pada bidang industri kreatif yang nanti akan melahirkan inovasi baru.

"Saya berharap, anak muda semakin terdorong motivasinya melalui kreatif festival ini, karena di dalamnya ada sarana untuk memamerkan dan menjual hasil karyanya," katanya.

Festival Kreatif yang berlangsung selama tiga hari ke depan ini menampilkan berbagai karya unik dan menarik seperti modifikasi motor antik, animasi, food etnik, serta karya menarik lain. Kegiatan tersebut juga diisi pameran stan UMKM yang menjual beragam produk kuliner.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023