Destinasi Wisata Dewi Cika di Desa Cipta Karya, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat masuk dalam 75 besar desa wisata terbaik Nasional dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023.

"Bersyukur kita masuk dalam lingkaran 75 besar dari 4,575 desa yang ikut se-Indonesia. Saat ini wisata Dewi Cika Desa Cipta Karya tengah menjalankan penilaian dari tim juri untuk lanjutan," ujar Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata kabupaten Bengkayang I Made Putra Negara saat dihubungi di Bengkayang, Kamis (27/7).

Ia mengatakan bahwa ada lima kategori yang menjadi dasar penilaian oleh dewan juri yang dibentuk oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yaitu kategori atraksi dan daya tarik wisata, kategori homestay dan toilet, kategori digital dan konten kreatif, kategori kuliner, fesyen dan kriya dan kategori kelembagaan dan CHSE.

Baca juga: Pemkab sebut ada 156 destinasi wisata di Bengkayang

Ia mengatakan tim juri Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melakukan penilaian pada 26-27 Juli 2023. Dalam penilaian masuk dalam 75 besar ini tim juri langsung berkunjung ke desa untuk memastikan secara langsung keberadaan desa dan wisata desanya serta untuk menentukan Desa Wisata Cipta Karya masuk ranking ke berapa dari 75 desa wisata lainnya.

"Semua prestasi di atas karena semangat dan ketekunan Desa Wisata Cipta Karya dari kepala desanya, BUMDES, maupun Pokdarwis. Semua kompak saling mengisi," jelas dia.

Disporapar sendiri kata Made, hanyalah melakukan pendampingan, dan pembinaan hanya bila dibutuhkan.

Baca juga: Karnaval Khatulistiwa Sukses

"Kami berharap tentu wisata Dewi Cika Cipta Karya bisa masuk lima besar nasional, " jelas dia.

Pewarta: Dedi

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023