Kontingen Kabupaten Bekasi sukses menembus lima besar sementara hingga Senin (3/7) pukul 18.00 WIB, pada ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) XIII Jawa Barat yang digelar di Kota Bandung, 1-10 Juli 2023 .

"Alhamdulillah, per sore ini kita ada di peringkat empat klasemen sementara, kemarin posisi 12. Ini berkat sumbangan dari cabang olahraga renang," kata Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Bekasi Iman Nugraha dihubungi dari komplek GOR Pajajaran Bandung, Senin petang.

Dia mengatakan Kabupaten Bekasi mampu melesat ke posisi lima besar dengan koleksi empat medali emas, tiga perak, serta lima keping perunggu berkat tambahan tiga medali emas di hari terakhir pelaksanaan pertandingan cabang olahraga renang.

"Hari ini renang sudah selesai, dari target tiga emas kita mampu meraih empat medali emas. Total renang menyumbang empat emas, dua perak, dan satu perunggu," katanya.

Iman mengaku ketersediaan gelanggang renang yang representatif di kolam aquatik kompleks Stadion Wibawa Mukti Cikarang menjadi salah satu kunci sukses keberhasilan kontingen Kabupaten Bekasi di ajang ini.

Modal sarana prasarana tersebut mampu memberikan kesempatan luas bagi para atlet pelajar untuk mengasah kemampuan dengan berlatih lebih intensif agar mendapatkan hasil optimal seperti yang dicapai hari ini.

"Kita memang memiliki venue tersendiri di Stadion Wibawa Mukti dan ini tentu memberikan kesempatan kepada atlet kita untuk berlatih lebih intensif, lebih giat, dan konsisten sehingga bisa menghasilkan prestasi tadi, mendapatkan emas untuk kontingen Kabupaten Bekasi," katanya.

Dirinya berharap prestasi ini dapat diikuti atlet pelajar dari cabang olahraga lain hingga penutupan Popda XIII Jawa Barat mendatang agar Kabupaten Bekasi mampu mempertahankan posisi di lima besar klasemen akhir perolehan medali.

Popda dibuka besok, pertandingan di 19 cabang olahraga akan dimulai besok, kecuali renang yang memang sudah dimulai terlebih dahulu.

"Target kita lima besar dari peringkat sembilan pada Popda Jabar 2018. Dan mudah-mudahan peraih emas asal Kabupaten Bekasi bisa menjadi andalan Jawa Barat di ajang Popnas Bulan September 2023 di Palembang nanti," ucap dia.

Sementara itu, perenang Kabupaten Bekasi Emirshah Aflach Fadhil yang tampil impresif dengan menyabet empat medali emas mengaku prestasi ini berkat latihan konsisten sejak pagi hingga sore ditambah porsi latihan fisik.

"Sebenarnya ini Popda Jabar ketiga saya, dua kali ikut tidak dapat apa-apa, Alhamdulillah, tahun ini bisa menorehkan prestasi yang bagus buat Kabupaten Bekasi," katanya.

Pelajar SMAN 1 Cikarang Pusat itu mengatakan akan terus giat berlatih agar mampu menyumbangkan prestasi tertinggi bagi kontingen Provinsi Jawa Barat di ajang Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) 2023 di Kota Palembang, Sumatera Selatan.

"Prestasi hari ini saya persembahkan untuk seluruh masyarakat Kabupaten Bekasi. Semoga di Popnas nanti bisa menorehkan yang terbaik lagi untuk Jawa Barat," kata dia.

Emirshah Aflach Fadhil meraih medali emas pertama dari nomor renang 50 meter gaya dada putra pada Sabtu (1/7) atau hari perdana penyelenggaraan Popda Jawa Barat 2023.

Prestasi impresif Emirshah berlanjut pada penutupan cabang olahraga renang hari ini dengan menyabet tiga medali emas sekaligus masing-masing di nomor 100 meter gaya dada, 50 meter gaya bebas, serta 50 meter gaya kupu-kupu.*

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023