Bunda Generasi Berencana (Genre) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Ria Sabaria Dani Ramdan meminta duta genre terpilih tahun 2023 menjadi teladan dan panutan bagi remaja di daerah itu.

"Ketika seorang remaja telah menjadi role model, maka dia akan memiliki kemampuan untuk menginspirasi teman sebaya, mengajak dan memberikan pengaruh yang baik," kata Ria usai menghadiri pemilihan Duta Genre 2023 di Cikarang, Jumat.

Ia mengatakan duta genre memiliki tugas memberikan edukasi dan sosialisasi kepada kalangan remaja terkait generasi yang berencana khususnya dalam hal kesehatan reproduksi, pencegahan pernikahan dini dan seks bebas, narkoba, dan hal negatif sejenis.

Baca juga: Duta Genre berperan jadi public relations Program KB di Purwakarta

"Duta Genre merupakan agen perubahan, yang harus bisa menyosialisasikan program-program tentang genre masyarakat khususnya di lingkup remaja," katanya.

Menurut dia keberadaan duta genre juga sekaligus sebagai upaya menekan persoalan remaja yang semakin marak dengan kecenderungan tren kasus relatif tinggi.

Ria berharap bekal pengetahuan dan keterampilan yang diberikan sejumlah mentor mampu diimplementasikan duta genre selaku agen perubahan.

"Jadilah pelopor yang handal sebagai motivator pionir yang terus memberi energi positif terhadap lingkungan sekitar, khususnya generasi muda," katanya.

Baca juga: Depok sambut hadirnya duta generasi berencana

Ia menjelaskan duta genre memiliki empat substansi peran sosialisasi. Pertama, pembangunan keluarga, kependudukan, dan keluarga berencana (Bangga Kencana). Kemudian kesehatan reproduksi yakni keadaan sehat secara fisik, mental, dan sosial secara utuh, tidak semata-mata bebas dari penyakit terkait sistem, fungsi, dan proses reproduksi.

Kemudian kecakapan atau kemampuan yang bisa digunakan agar bisa menjalankan kegiatan sehari-hari dengan baik dan terakhir adalah perencanaan kehidupan berkeluarga.

Ia juga menekankan duta genre mengambil peran penting dalam upaya menyukseskan program pemerintah dalam percepatan penurunan penyakit tumbuh kembang atau stunting.

"Tadi ada di antara duta-duta ini yang memiliki program memberantas stunting, saya harap kolaborasi lebih ditingkatkan agar stunting ini bisa kita tekan," kata Ria Sabaria Dani Ramdan.

Baca juga: Membentuk Generasi Berencana

Pemilihan Duta Genre 2023 yang digagas Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Bekasi diikuti 40 peserta yang merupakan pelajar di 23 kecamatan di daerah itu.

Setelah melalui proses presentasi peserta dan hasil penilaian, juara pertama Duta Genre 2023 Kabupaten Bekasi berhasil diraih Arya Fitrananda dari Kecamatan Cikarang Utara dan Calista Kirania Shak yang merupakan perwakilan Kecamatan Tambun Utara.

Juara kedua diraih Rizki Rama Utama dari Kecamatan Karangbahagia dan Queen Bilqis dari Kecamatan Cikarang Utara. Sedangkan juara tiga diraih Fawaza Primadita Nuha dari Kecamatan Cikarang Barat dan Sabrina Al Izzati, perwakilan dari Kecamatan Setu.(KR-PRA).

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023