Universitas Pelita Bangsa (UPB) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat menggelar seminar membahas dinamika perkembangan keilmuan dan konseling Islam sebagai upaya kampus meningkatkan wawasan bagi internal hingga kalangan umum.

Seminar terbuka bagi masyarakat luas itu diselenggarakan program studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam pada Fakultas Agama Islam (FAI) dan disiarkan secara daring di laman youtube resmi Universitas Pelita Bangsa dengan pemateri peneliti dan akademisi UIN Salatiga Dr. Wahidin.

"Kami terus berupaya meningkatkan kualitas dan kuantitas keilmuan para mahasiswa, guru-guru BK, serta kalangan umum khususnya warga Kabupaten Bekasi," kata Dekan Fakultas Agama Islam UPB Dr. Sarwo Edy, S.Ag, MM di Kabupaten Bekasi, Kamis.

Dia menyampaikan bahwa seminar program studi merupakan salah satu agenda wajib bagi mahasiswa dalam satu tahun akademik, di samping seminar fakultas dan universitas serta kegiatan akademik maupun non akademik.

Dengan demikian mahasiswa memiliki wacana keilmuan yang terus meningkat sekaligus mampu meningkatkan kualitas bagi pembelajaran di program studi khususnya Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI).

"Semoga dapat dijadikan sarana yang efektif dalam perluasan wawasan serta ilmu yang ada di program studi BKPI ini," ucap dia.

Kepala Program Studi BKPI FAI UPB Listian Indriyani Achmad menjelaskan tujuan dan maksud kegiatan seminar ini sekaligus sebagai syiar bahwa di Kabupaten Bekasi dan sekitar saat ini sudah ada program studi yang berkonsentrasi pada materi bimbingan konseling yang Islami untuk dunia pendidikan.

"Kemudian juga untuk memperluas cakrawala pengetahuan mahasiswa, guru-guru BK, dan masyarakat umum tentang dinamika perkembangan keilmuan bimbingan dan konseling," katanya.

Listian mengungkapkan melalui seminar ini pula para peserta akan memahami perkembangan keilmuan BKPI yang berdasarkan sejarah sudah dimulai pada tahun 1960-an hingga keilmuan BKPI kontemporer.

Kemudian BKPI sebagai suatu bidang ilmu merupakan amalgamasi dari berbagai permata ilmu yang menjadi penyusun konsep.

"Ada bidang ilmu psikologi, komunikasi, manajemen, dan tentu saja yang paling menonjol dan berharga adalah nilai Islami yang ada di dalamnya. Seminar ini menjelaskan juga tahapan perkembangan ilmu BK," ucapnya.

Konsep pembelajaran program studi BKPI di UPB adalah dengan menerapkan Psychoanalytical Therapy, Cognitive Therapy, Humanistic Therapy, Expressive Therapy, serta Integrative Therapy yang seluruhnya berada dalam panduan dan koridor Islam.

"Semoga melalui seminar ini, program studi BKPI semakin dikenal masyarakat secara luas dan dicintai untuk kemudian dimiliki pengetahuannya," demikian Listian.
 

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023