Karawang (Antara Megapolitan) - Sebanyak 971 lembaga Pendidikan Anak Usia Dini yang tersebar di berbagai daerah sekitar Kabupaten Karawang, Jawa Barat, mendapatkan anggaran Bantuan Operasional Pendidikan (BOP).

"Anggaran BOP untuk lembaga PAUD itu merupakan bantuan dari pemerintah pusat," kata Kepala Bidang Pendidikan Nonformal dan Informal Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga setempat Amid Mulyana, saat dihubungi di Karawang, Senin.

Ia mengatakan, anggaran BOP untuk 971 lembaga Pendidikan Anak Usia Dini yang totalnya mencapai Rp11,7 miliar itu disalurkan melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Karawang.

"Anggaran BOP ini dikeluarkan untuk mendukung operasional penyelenggaraan PAUD," kata dia.

Di antara dasar penyaluran anggaran BOP untuk PAUD itu sendiri sesuai dengan Permendikbud Nomor 2 tahun 2016. Tujuannya ialah untuk meningkatkan layanan PAUD agar lebih berkualitas.

Amid mengaku pihaknya akan mengawal penyerahan anggaran BOP untuk ratusan lembaga PAUD yang ada di Karawang tersebut, agar bantuan itu benar-benar sampai ke lembaga yang berhak.

Terkait dengan hal itu, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Karawang telah membuat surat edaran terkait pengamanan anggaran BOP untuk lembaga PAUD se-Karawang.

Surat edaran itu juga diterbitkan untuk menghindari kemungkinan adanya pungutan liar atau hal-hal yang tidak diinginkan.

"Jadi jika ada pihak mengatasinamakan dinas, kepala dinas, kepala bidang atau penilik, meminta uang ke satuan pendidikan penerima bantuan, segera laporkan," kata dia.

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016