Dinas Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Bekasi, Jawa Barat menjaring bibit pejudo dari kalangan pelajar melalui seleksi bakat pemula menuju profesional yang diikuti puluhan peserta dari seluruh jenjang pendidikan.

"Kegiatan ini bertujuan untuk pembibitan, mencari sekaligus seleksi atlet judo profesional," kata Kepala Disbudpora Kabupaten Bekasi Iman Nugraha di Cikarang, Rabu.
 


Kegiatan ini berlangsung di tribun timur Stadion Wibawa Mukti Cikarang selama tiga hari mulai 14-16 Juni 2023 diikuti 68 peserta mulai dari pelajar sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sampai sekolah menengah atas se-Kabupaten Bekasi.

Baca juga: Disbudpora Kabupaten Bekasi gelar kejuaraan bulu tangkis tingkat pelajar

Iman menyebut secara umum seleksi ini bertujuan untuk mendorong peningkatan prestasi atlet cabang olahraga judo selain menemukan potensi pejudo pemula yang dipersiapkan menuju ajang pekan olahraga pelajar daerah (Popda) Jawa Barat.

"Seleksi ini juga untuk mencari bakat atlet yang akan dibawa ke ajang Popda Jabar. Dari seleksi ini akan diambil masing-masing tiga terbaik dari setiap kelas pertandingan," katanya.

Dirinya berharap kegiatan ini dapat diikuti secara serius oleh seluruh peserta namun tetap dengan semangat menjunjung tinggi sportivitas sesuai slogan Provinsi Jawa Barat yakni melahirkan juara lahir batin.

Dia juga meminta peserta pembibitan ini mampu menunjukkan kemampuan terbaik agar mampu meraih hasil optimal hingga dinyatakan lulus seleksi berdasarkan penilaian terukur tim juri dan pelatih.

Baca juga: Pemkab apresiasi pencapaian atlet asal Bekasi di SEA Games

"Semoga melalui kegiatan ini kita bisa mendapatkan bibit atlet judo berprestasi yang suatu saat mampu membawa nama baik Kabupaten Bekasi di multi ajang baik level daerah, provinsi, nasional, bahkan internasional," ucap dia.

Iman pun berpesan agar seluruh peserta seleksi ini terus dapat menunjukkan perkembangan positif dengan berlatih intensif serta mengikuti semua instruksi yang diberikan tim pelatih.

"Dengan begitu saya pikir program regenerasi atlet bisa terus berjalan secara maksimal, selalu mendapatkan bibit potensial yang dapat membantu mempertahankan tradisi juara Kabupaten Bekasi di segala ajang olahraga," katanya.

Wakil Ketua Umum Bidang Organisasi (Komite Olahraga Nasional Indonesia) KONI Kabupaten Bekasi Arif Rahman Hakim mengapresiasi program pembibitan yang dilaksanakan Disparbudpora sebagai upaya memunculkan bakat-bakat baru calon atlet potensial dalam rangka meningkatkan prestasi olahraga daerah.

Baca juga: Kabupaten Bekasi segera bangun sarana olahraga di akhir 2020

"Tentu ini sejalan dengan program yang ada di kami, memudahkan KONI Kabupaten Bekasi menjaring bibit atlet potensial," ucapnya.

Sementara itu, Sekretaris Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PJSI) Kabupaten Bekasi Nurul Indri berharap dari kegiatan ini muncul bakat-bakat baru pejudo pemula yang siap dilatih menjadi atlet profesional untuk berkiprah di multi ajang olahraga judo dengan membawa nama Kabupaten Bekasi.

"Jenjang menuju atlet profesional memang salah satunya ditentukan dari bagaimana pembibitan yang dilakukan. Kalau sedari junior seperti ini sudah dibekali pelatihan dan jam terbang, mudah-mudahan ke depan mampu mempersembahkan prestasi bagi Kabupaten Bekasi," katanya.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023