Purwakarta (Antara Megapolitan) - Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi memanfaatkan pameran alat utama sistem persenjataan atau alutsista yang digelar di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, sebagai tempat pengembangan pelajaran aplikatif bagi para pelajar di daerah tersebut.

"Pelajaran aplikatif tentang pertahanan dan keamanan negara bisa dikembangkan oleh para pelajar saat kegiatan pameran alusista ini. Intinya, kegiatan pameran ini diharapkan meningkatkan jiwa nasionalis di kalangan pelajar," katanya, di Purwakarta, Senin.

Menurut dia, ikatan sejarah antara TNI dengan rakyat tidak bisa dinafikan. Rakyat dan TNI berjuang bersama melawan sekutu pada zaman perang mempertahankan kemerdekaan.

Selama kegiatan pameran alutsista, para pelajar mendapatkan tugas dari sekolahnya masing-masing memahami seputar TNI, dan belajar menghitung kekuatan ketahanan serta keamanan negara.

"Ini (tugas-tugas selama pameran alutsista bagi pelajar) merupakan bagian dari pelajaran aplikatif," kata Dedi.

Pameran alutsista juga bisa menanamkan jiwa keprajuritan bagi para pelajar di sekitar Purwakarta.

Para pelajar yang datang ke lokasi acara terlihat bukan saja melihat kendaraan tempur melainkan mencatat seluruh nama dan fungsi dari alat tempur yang dipamerkan tersebut.

"Kami mengundang pelajar untuk melihat pameran. Ini momentum pengembangan pendidikan aplikatif, pendidikan keprajuritan, ada nilai nasionalisme yang kuat disana. Mereka bisa mengetahui fungsi TNI bukan sekedar untuk pengamanan Negara tetapi ada juga fungsi pembangunan," kata dia.

Pameran alutsista itu sendiri digelar di Purwakarta dalam rangkaian peringatan HUT TNI ke-71 tingkat Jawa Barat.

Kasdam III Siliwangi Brigjend Wuryanto mengatakan, pameran alutsista TNI Kodam III/Siliwangi di Purwakarta tersebut akan digelar selama tiga hari, mulai Senin ini hingga Rabu (5/10).

"Masyarakat atau pelajar yang ingin menyaksikan alutsista itu tidak dipungut biaya. Semuanya bisa menikmati dan menyaksikan berbagai jenis alusista secara gratis," kata dia.

Alutsista yang dipamerkan itu merupakan berbagai jenis alutsista dari generasi ke generasi, hingga alutsista yang terbaru di wilayah Kodam III/Siliwangi.

Ia menyatakan, di antara tujuan pameran alutsista itu ialah memeriahkan ualng tahun TNI sekaligus bentuk pertanggungjawaban TNI atas anggaran yang telah digunakan.

"Melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat benar-benar memiliki TNI dan juga diharapkan untuk mandekatkan diri prajurit dengan masyarakat serta anak muda," kata dia.

Pewarta: M. Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016