Festival Mangrove ke-4 Jawa Timur di kawasan Ekowisata Mangrove, Pancer Cengkrong, Kabupaten Trenggalek, berlangsung pada akhir pekan lalu, antara lain dihadiri oleh 
Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dalam kegiatan menanam bakau utuk konservasi dan pelestarian lingkungan.

Arifin mengapresiasi Khofifah yang tiap datang ke Trenggalek kerap menyempatkan aksi menanam pohon. 

Kegiatan konservasi melalui penanaman pohon menjadi cara efektif dalam mengoptimalkan potensi ekonomi biru tanpa harus mengekstraksi potensi wisata yang ada.
 
Gubernur Jawa Tmur Khofifah Indar Parawansa (kanan) bersama Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin (kiri) berjalan menuju lokasi penanaman bibit mangrove dalam rangkaian pembukaan Festival Mangrove ke-4 Jawa Timur di kawasan ekowisata mangrove Pancer Cengkrong, Trenggalek, Sabtu (27/5/2023). ANTARA/HO-Prokopim Trenggalek


Gubernur Khofifah berharapa Festival Mangrove menjadi momentum pendorong peningkatan hilirisasi atas produk olahan lanjutan dari kawasan mangrove.

Festival Mangrove itu juga menampilkan beragam produk makanan, minuman, dan batik premium dengan pewarna alami mangrove.

Kegiatan yang dihelat di Ekowisata Mangrove Cengkrong dimeriahkan dengan tampilan Cak Percil, pembagian bibit pohon gratis "shodaqoh oksigen" dan pengobatan gratis bagi masyarakat sekitar.

Baca juga: Penanaman 2.000 bibit mangrove guna dukung program Indonesia Hijau dan sukseskan rekor Muri

Baca juga: Indonesia bersiap "masuk" ke perdagangan karbon

 

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023