Penjabat Bupati Bekasi, Jawa Barat Dani Ramdan menyebut Gerakan Pemuda (GP) Ansor sebagai generasi muda pemersatu bangsa melalui pembangunan paham keberagaman atau pluralisme berdasarkan nilai-nilai Nahdlatul Ulama.

"Seperti yang disampaikan oleh Profesor Doktor Kyai Haji Said Aqil Siradj tadi malam di Gedung Juang Tambun Selatan, GP Ansor membangun pluralisme yang bisa mempersatukan kita semua," katanya di Cikarang, Sabtu.

Dani mengatakan generasi muda NU ini berhasil mengimplementasikan tradisi atau nilai-nilai NU yaitu islam yang moderat serta Islam Rahmatan lil 'Alamin. Kehadirannya di tengah masyarakat mampu mewujudkan kedamaian dan kasih sayang bagi manusia maupun alam semesta.

Baca juga: DPRD Kabupaten Bekasi pastikan beri rekomendasi kepada Dani Ramdan

Ia juga menyatakan sejak awal Kabupaten Bekasi adalah tempat berteduh suku bangsa dari berbagai pelosok Nusantara. Seiring dengan hadirnya kawasan industri, berbagai bangsa dari penjuru dunia turut hadir di Kabupaten Bekasi.

"Maka dari itu, Kabupaten Bekasi harus dibangun dengan semangat pluralisme, bersama para Kyai serta para Ulama khususnya NU, karena nilai dasar NU adalah menghargai dan menghormati perbedaan serta mempersatukan," ucapnya.

Pemerintah Kabupaten Bekasi berkomitmen untuk selalu bersinergi dengan GP Ansor dalam rangka membangun karakter bangsa yang majemuk, menghormati persatuan dan kesatuan, serta menghargai perbedaan.

Baca juga: Bupati Bekasi minta korban pelecehan melapor Disnaker

"Kami selalu bahu-membahu dengan GP Ansor, saling membantu membangun persatuan dan kesatuan di Kabupaten Bekasi. Terlebih saat ini kita sedang menghadapi tahun politik Pemilu 2024, ini penting sekali semangat seperti ini," katanya.

Sekretaris GP Ansor Kabupaten Bekasi Muhammad Himawan Abror mengatakan memperingati hari lahir atau Harlah ke-89 GP Ansor, pihaknya telah menyiapkan sejumlah rangkaian kegiatan selama tiga hari penuh.

Selain mengadakan resepsi harlah dan pengajian Rijalul Ansor, semua pengurus tingkat kecamatan maupun desa akan hadir dalam rangka pengambilan sumpah setia kader Ansor terhadap Indonesia, pada Sabtu (20/5/2023) hari ini.

Baca juga: Pendiri Jababeka apresiasi Dani Ramdan pimpin Kabupaten Bekasi

"Insya Allah acara ini dihadiri oleh Ketua Umum GP Ansor, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut), serta kegiatan pesta rakyat seperti bazar dan hiburan kearifan lokal Kabupaten Bekasi," katanya.

Himawan memastikan selama ini GP Ansor sudah berkontribusi kepada pemerintah daerah dalam hal menjaga persatuan dan kesatuan serta menghargai perbedaan.

"Sesuai instruksi pimpinan pusat, setiap kader Ansor wajib menjalankan pengajian rutin sebagai benteng garda terdepan dalam menjaga Ahlusunnah wal Jama'ah," ucapnya.

Di bidang sosial kemasyarakatan, GP Ansor Kabupaten Bekasi turut peduli membantu korban banjir dan gempa Cianjur dengan mengumpulkan dana yang bersumber dari kader Ansor.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023