Anak usia di bawah lima tahun atau balita yang menjadi sasaran Program Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio Tahap II di Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat, jumlahnya sebanyak 181.642 anak menurut data pemerintah daerah.

"Untuk pekan imunisasi tahap dua ini targetnya kita bisa melakukan imunisasi terhadap 181.642 balita berusia nol sampai 59 bulan," kata Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana di Karawang, Selasa.

"Target balita yang mendapat imunisasi polio ini sesuai dengan hasil dari pekan imunisasi polio tahap pertama. Jadi balita yang mendapatkan imunisasi polio tahap pertama akan kembali diimunisasi polio pada tahap dua ini," katanya.

Baca juga: Pekan imunisasi nasional polio di Karawang capai 94,4 persen pada 3 - 9 April 2023

Ia menyampaikan bahwa cakupan imunisasi pada PIN Polio Tahap I dari 3 sampai 9 April 2023 mencapai 98,6 persen dari sasaran di Kabupaten Karawang.

PIN Polio Tahap II yang berlangsung 15 sampai 21 Mei 2023, ia melanjutkan, ditargetkan bisa mencakup setidaknya 95 persen dari balita sasaran.

"Kami ingin cakupan imunisasi polio kali ini bisa lebih tinggi dan merata di seluruh wilayah Karawang," katanya.

Baca juga: Pekan imunisasi nasional di Karawang menyasar 181.642 bayi di 30 kecamatan

Poliomyelitis atau polio adalah penyakit sangat menular akibat infeksi virus. Penyakit ini menyerang sistem saraf dan bisa mengakibatkan kelumpuhan.

Tidak ada obat untuk polio. Namun, penularan penyakit ini bisa dicegah dengan vaksinasi. Pemberian vaksinasi polio pada anak bisa melindungi mereka dari serangan virus polio.

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023