Wali Kota Bogor Bima Arya ke Belanda untuk berbagi pengalaman penanganan kota dan penelusuran arsip Kota Bogor di Negeri Kincir Angin pada 13-15 Mei 2023.

Dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Kota Bogor, Senin, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokompim) Setda Kota Bogor Abdul Manan Tampubolon menjelaskan kegiatan Sharing Cities atau Berbagi Kota bertujuan meningkatkan akses jejaring antar kota/kabupaten dalam berbagi pengalaman terkait pemanfaatan potensi yang ada bagi masing-masing kota.

Bima Arya bersama sejumlah kepala daerah lain yang tergabung dalam Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) juga dijadwalkan mengunjungi sejumlah tempat dan audiensi dengan Dubes RI serta pertemuan dengan diaspora dan Persatuan Pelajar Indonesia (PPI).

Baca juga: Ini Tim Ekspedisi Yang Telusuri Arsip Sejarah Bogor (Video)

Bagi JKPI , kata Manan, Berbagi Kota merupakan agenda bersama dalam membuat rencana ke depan dengan penguatan, diantaranya Memori Kolektif Bangsa dengan cara menelusuri dokumen-dokumen atau arsip-arsip masa lampau terkait sejarah berdirinya kota.

Selain itu mempelajari tata kelola dan tata pamer pada perpustakaan dan museum, sehingga nantinya perpustakaan dan museum menjadi tempat yang nyaman dan tidak membosankan.

"Program Sharing Cities kali ini merupakan kegiatan yang kedua kali. Dengan agenda yang sama dan tujuan yang sama yaitu menelusuri jejak-jejak dokumen dan arsip-arsip masa lalu kota anggota JKPI di Belanda, diantaranya mengunjungi Kantor Arsip Nasional Belanda, mengunjungi Universitas Leiden, dan melihat jejak sejarah para tokoh-tokoh
Indonesia di sana," jelasnya.

Baca juga: Pemkot Bogor Bertukar Arsip Dengan Universitas Leiden

Dalam program tersebut, rombongan  mengunjungi Pemerintah Kota (Pemkot) Amsterdam dan akan membicarakan hal-hal terkait penataan kota, terutama yang berkaitan dengan warisan cagar budaya dan pelestarian. Selain itu juga ke Pemkot Rotterdam yang mampu menjadi pelestarian kota pelabuhan.

"Seperti halnya pertemuan dengan perangkat kota Amsterdam, di Rotterdam juga mempelajari bagaimana kota pelabuhan ini menjaga warisan budaya dan pelestarian kota yang berkelanjutan," kata Manan.

Selain Wali Kota Bogor Bima Arya, beberapa kota anggota JKPI diantaranya dari Kota Singkawang, Kota Madiun, Kota Kediri, Kota Palembang, Kota Ternate, Kota Sawahlunto dan Kabupaten Siak, ikut pula dalam kunjungan tersebut.

Baca juga: Wali Kota Bogor laporkan hasil kongres JKPI kepada Presiden Jokowi

Kegiatan Sharing Cities itu juga mempromosikan produk-produk UMKM, terutama wastra Nusantara, sehingga kegiatan tersebut juga didampingi Dekranasda kota/kabupaten yang ikut.

"Dengan difasilitasi oleh KBRI, para peserta akan mengenalkan produk UMKM di sana dan dibantu oleh diaspora Indonesia di Belanda," jelas Manan.

Pewarta: Linna Susanti

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023