Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bogor mencatat baru satu partai politik  mendaftarkan bakal calon anggota legislatif (bacaleg) pada hari kedelapan atau sepekan menjelang pendaftaran ditutup.

"Baru PKS. Makanya kami mengimbau kepada partai politik untuk tidak di menit-menit akhir," kata Ketua KPU Kabupaten Bogor Ummi Wahyuni saat menerima pendaftaran Bacaleg DPRD Kabupaten Bogor dari PKS di Cibinong, Bogor, Senin.

Ummi Wahyuni mengatakan sudah ada beberapa partai politik yang menghubungi KPU Kabupaten Bogor untuk menetapkan jadwal pendaftaran bacaleg.

Tahapan pendaftaran Bacaleg DPRD Kabupaten Bogor dibuka mulai tanggal 1-14 Mei 2023. Pada tanggal 1-13 Mei 2023 pendaftaran dimulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB.

Kemudian, di hari terakhir atau Minggu 14 Mei 2023, pendaftaran bacaleg dibuka dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 23.59 WIB.

Sementara, Ketua DPD PKS Kabupaten Bogor Dedi Aroza menyebutkan bahwa PKS mendaftarkan Bacaleg secara serentak di seluruh wilayah Jawa Barat pada tanggal 8 Mei 2023.

"Karena bertepatan dengan delapan. Kenapa tanggal delapan? karena PKS nomer delapan. Jadi kami datang dan sampaikan kepada KPU, kami datang pada pukul 13.08 dengan jumlah (yang hadir) 88 orang," katanya.

DPD PKS Kabupaten Bogor mendaftarkan sebanyak 55 Bacaleg untuk berkompetisi di Pemilihan Legislatif (Pileg) pada 14 Februari 2024, untuk memperebutkan kursi DPRD.

Jumlah 55 itu sesuai dengan jumlah kursi di DPRD Kabupaten Bogor.

"Kami mengikuti ketentuan dari KPU tentang 30 persen keterwakilan perempuan, kami sudah 30 persen," kata Dedi Aroza mengenai komposisi bacaleg yang didaftarkan antara bacaleg laki-laki dan perempuan.

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023