Jakarta (Antara Megapolitan) - Wakil Menteri Luar Negeri AM Fachir mengatakan, Pemerintah Indonesia akan selalu mendukung Timor Leste menjadi anggota Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN).

"Indonesia senantiasa mendukung keanggotaan Timor Leste di ASEAN dan terus mendorong negara anggota ASEAN untuk mengundang Timor Leste berpartisipasi dalam meningkatkan pembangunan kapasitas Timor Leste menuju keanggotaannya di ASEAN," ujarnya di Jakarta, Kamis.

Pernyataan tersebut disampaikan Wamenlu Fachir saat menerima kunjungan kehormatan Wakil Menteri Luar Negeri dan Kerja Sama Timor Leste Roberto Sarmento De Oliveira Soares di Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Kamis.

Pada kesempatan itu, Fachir menyampaikan berbagai isu yang menjadi komitmen dari pemerintah kedua negara, yaitu masalah peningkatan ekonomi, investasi, serta penyelesaian secara cepat dan terukur perbatasan darat dan maritim antara Indonesia dan Timor Leste.

Untuk itu, ia menilai bahwa kedua pihak perlu meningkatkan koordinasi agar mempercepat pelaksanaan komitmen yang disepakati kedua kepala negara.

Dalam pertemuan tersebut, secara khusus Soares menyampaikan penghargaan yang tinggi kepada pemerintah Indonesia yang terus memberikan dukungan dalam berbagai kerja sama dalam tataran politik, ekonomi, dan sosial budaya.

"Hubungan Indonesia dan Timor Leste saat ini dalam tingkat yang  'extraordinary' (luar biasa)," ujarnya.

Kedua wakil menteri juga membahas isu-isu lainnya yang menyangkut kedua negara, seperti kerja sama trilateral Timor Leste, Indonesia, dan Australia.

Selain itu, pemerintah Indonesia terus berupaya mendorong hubungan diplomasi ekonomi antarkedua negara melalui kehadiran pengusaha Timor Leste dalam kegiatan Trade Expo Indonesia (TEI) pada Oktober 2016. (Ant).     

Pewarta: Yuni Arisandy

Editor : M. Tohamaksun


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016