Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, kembali melaksanakan Shalat Id di lapangan terbuka pada Idul Fitri 1444 Hijriah setelah tiga tahun pandemi dan tingginya kasus penularan COVID-19.

"Ini pertama di lapangan setelah pandemi melandai, Alhamdulillah ini yang pertama kembali dengan jumlah masyarakat yang cukup banyak," kata Pelaksana tugas (Plt) Bupati Bogor, Iwan Setiawan usai Shalat Id di Lapangan Tegar Beriman, Cibinong, Sabtu.

Ia menyebutkan, Lebaran tahun ini juga Pemkab Bogor juga kembali melakukan open house di Rumah Dinas Bupati Bogor, yang lokasinya tak jauh dari Lapangan Tegar Beriman.

"Kami membuka open house untuk masyarakat yang ingin bersilaturahmi dengan jajaran Pemerintah Kabupaten Bogor," ujarnya.

Baca juga: Polisi perkirakan warga Bogor gelar Shalat Idul Fitri di 436 titik pada Sabtu pagi

Iwan menjelaskan bahwa Idul Fitri kali ini merupakan peringatan kelima selama dirinya menjadi pimpinan daerah.

"Hari ini Idul Fitri yang kelima saya menjabat sebagai pimpinan daerah, alhamdulillah kita masih bisa melaksanakan Shalat Id dengan khidmat, dengan masyarakat dan Forkopimda," ungkap Iwan.

Sebelumnya, Kapolres Bogor, AKBP Iman Imanuddin memperkirakan warga Kabupaten Bogor, Jawa Barat, melaksanakan Shalat Idul Fitri 1444 Hijriah pada Sabtu pagi di 436 titik.

"Laporan yang kami terima setiap satu desa itu satu tempat, sehingga ada 435 tempat atau lapangan yang menyelenggarakan kegiatan salat Idul Fitri untuk besok. Untuk di Lapangan Tegar Beriman juga ada kegiatan Salat Idul Fitri. Jadi 436 titik yang akan menyelenggarakan salat Idul Fitri," ungkap Iman.

Baca juga: Kepadatan kendaraan di jalur Puncak Bogor diprediksi terjadi setelah Lebaran

Ia menyebutkan, sebanyak 435 desa dan kelurahan di 40 kecamatan se-Kabupaten Bogor diperkirakan masing-masing menggelar satu titik shalat Id. Kemudian, Pemerintah Kabupaten Bogor juga akan menggelar shalat Id di satu titik, yakni Lapangan Tegar Beriman, Cibinong.

"Kami sudah mempersiapkan di masing-masing tempat tersebut untuk personel yang melaksanakan pengamanan, sekaligus melaksanakan kegiatan Salat Id bersama masyarakat," ujarnya.

Iman menjelaskan, sedikitnya ada 2.700 personel gabungan yang disiagakan untuk terlibat pengamanan Operasi Ketupat Lodaya 2023, termasuk pelaksanaan Shalat Id di wilayah Kabupaten Bogor. (KR-MFS)

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023