Getaran gempa bumi dengan magnitudo (M) 6,5 yang berpusat di Tuban, Jawa Timur pada Jumat, dirasakan hingga wilayah Kota dan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

"Belum ada laporan kerusakan akibat gempa yang berpusat di Tuban tersebut," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi Novian Rahmat Taufik di Sukabumi, Jumat.
 
Rilis dari BMKG gempa M6,6 tersebut berlokasi di 6.27 LS, 111.93 BT 70 km Barat Laut Tuban di Kedalaman 632 km.

Baca juga: BMKG: Gempa 5,0 magnitudo guncang wilayah Laut Banda dan Kabupaten Kepulauan Tanimba
Baca juga: Gempa magnitudo 5,2 terjadi di selatan Bali
Baca juga: Gempa magnitudo 5,0 guncang Lembata NTT pada Selasa dini hari

Sebelumnya Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan gempa berkekuatan magnitudo (M) 6,6 dirasakan di Jawa Timur hingga Jawa Barat.

"Gempa yang dirasakan oleh sebagian besar masyarakat mulai dari Jawa Timur hingga Jawa Barat," ujar Pelaksana tugas Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari di Jakarta, Jumat.

Abdul menjelaskan gempa berpusat di pesisir utara Tuban dengan kekuatan M6,6 kedalaman 632 km.

Ayunan gempa ini terasa hingga jarak yang jauh, akan tetapi diharapkan tidak menimbulkan dampak kerusakan yang signifikan. Sebab bukan gempa dangkal, kata Abdul.

"BNPB terus berkoordinasi dengan BPBD provinsi/kabupaten/kota untuk memantau dan melakukan kaji cepat situasi/dampak untuk menentukan tindak tanggap darurat sekiranya diperlukan," ujar Abdul.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023