Bogor (Antara Megapolitan) - Rabithah Ma`ahid Islamiyah Nahdlatul Ulama (RMI-NU) Kota Bogor Jawa Barat siap melaksanakan dan memeriahkan gelar akbar Liga Santri Nusantara (LSN) tahun 2016.

"Liga Santri Nusantara yang merupakan kompetisi sepak bola paling bergengsi antarklub bola binaan pesantren, secara nasional sudah dimulai. Untuk wilayah Bogor dan sekitarnya yang tergabung dalam Region Jabar IV akan dimulai pada 28 Agustus sampai pertengahan September," kata Koordinator Regional Jabar IV, Heri Firdaus, di Bogor, Rabu.

Heri Firdaus yang juga pengurus Cabang NU (PCNU) dan pengurus Partai kebangkitan Bangsa (PKB) Kota Bogor itu menjelaskan, RMI-NU sebagai operator kompetisi sepak bola antarpesantren ini bekerja sama dengan Kemenpora RI sudah mempersiapkan sejak jauh-jauh hari.

"Kompetisi LSN 2016 ini juga disambut baik oleh PCNU dan Pesantren-pesantren yang ada di Bogor dan sekitarnya," katanya.

Sementara itu, Rois Syuriah PCNU Kota Bogor, KH Fuad Fitri yang dihubungi di pesantrennya menyatakan dukungan penuhnya terhadap kegiatan ini.

Karena, menurutnya, di Pesantren perlu juga digalakkan olahraga, selain olah jiwa. Dalam raga yang sehat terdapat jiwa yang sehat pula.

Ketua PCNU Kabupaten Bogor, KH Romdoni, yang juga pengasuh Pesantren Yasina juga menyatakan antusiasnya menghadapi kompetisi sepak bola ini.

"Liga Santri Nusantara ini merupakan agenda yang positif, selain untuk membangun silaturahim, juga untuk mencari bakat-bakat terpendam pesepakbola di kalangan santri," ujarnya.

Bahkan, di Pesantren Yasina yang diasuhnya, katanya lagi, juga siap mengirimkan tim kesebelasan.

"Dan sekarang sudah berlatih keras menghadapi ajang/kompetisi sepak bola ini," ujar Kang Doni, panggilan akrab Ketua PCNU Kabupaten Bogor itu pula.

Sementara itu lagi, salah satu pesantren di kawasan Kencana, Tanah Sareal, yaitu pesantren Al Alawiyah juga telah jauh-jauh hari menyiapkan tim sepakbolanya untuk mengikuti kompetisi sepak bola antarpesantren ini.

"Kami bertekad menjuarai Region IV ini, biar kami bisa ikut putaran final di Jakarta/Yogyakarta pada akhir September nanti," ujar KH Moh Alwi, pengasuh pesantren Al Alawiyah, Kencana.

Di Pesantren kami, katanya lebih lanjut, selain belajar kitab-kitab kuning sambil sekolah umum, juga diberi fasilitas untuk mengembangkan diri, termasuk bermain sepak bola.

Heri Firdaus sebagai Koordinator LS Region Jabar IV juga menambahkan bahwa pihaknya merasa sangat bersyukur, ternyata penerimaan ajang Liga Santri Nusantara ini oleh pesantren-pesantren di Bogor dan sekitarnya sangat baik.

"Kami juga akan bertekad memaksimalkan kesiapan panitia untuk suksesnya Liga Santri Nusantara ini," ujarnya.

Heri juga menyebutkan, Liga Santri Nusantara ini akan menjadi kalender resmi tahunan kompetisi sepak bola antarpesantren.

"Dalam hitungan hari LSN Region Jabar IV ini akan dilangsungkan, panitia membuka peluang kerja sama dan dukungan dari semua pihak, guna memeriahkan dan menyukseskan ajang bergengsi ini," demikian Heri Firdaus.

Pewarta: M Tohamaksun

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016