Dinas Kesehatan Kota Sukabumi di Provinsi Jawa Barat menargetkan imunisasi polio bisa mencakup minimal 95 persen dari anak usia nol sampai 59 bulan yang menjadi sasaran imunisasi dalam Sub Pekan Imunisasi Nasional Polio atau Sub PIN Polio.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Sukabumi Wita Darmawanti di Sukabumi, Minggu, mengatakan bahwa jumlah anak usia nol sampai 59 bulan yang menjadi sasaran imunisasi di Kota Sukabumi sekitar 25 ribu anak.

Menurut dia, putaran pertama pelaksanaan imunisasi polio akan dilaksanakan di puskesmas, posyandu, maupun fasilitas pendidikan anak usia dini (PAUD) selama sepekan mulai 3 April 2023 dan dilanjutkan dengan penyisiran selama lima hari untuk memastikan tidak ada sasaran imunisasi yang terlewat.

Baca juga: Dinkes pastikan kasus campak di Kota Sukabumi bisa dikendalikan dalam dua tahun terakhir
Baca juga: 112 Ribu warga Sukabumi jadi target imunisasi difteri
Baca juga: Ini Instruksi Bupati Sukabumi Tentang Bahaya Difteri

"Putaran kedua PIN ini akan dilaksanakan pada 15 Mei 2023 mendatang," katanya.

"Kami mengimbau kepada seluruh orang tua yang memiliki anak dari usia nol sampai 59 bulan agar mengikutsertakan anaknya pada program imunisasi ini demi masa depan kesehatan anak," ia menambahkan.
 
Dia menekankan pentingnya imunisasi untuk mencegah penularan polio, penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus yang dapat menyebabkan kelumpuhan.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023