Pemerintah Kota (Pemkot) Depok Jawa Barat akan terus memperkuat pengendalian inflasi pangan selama bulan Ramadhan dan Idul Fitri 1444 Hijriah.

Wali Kota Depok Mohammad Idris mengatakan di Depok, Selasa mengatakan pengendalian inflasi pangan dengan cara menggelar operasi pasar murah. Selain juga sidak pasar yang akan dilakukan untuk menjaga stabilitas harga komoditas bahan pokok di Kota Depok.

"Dari Pemkot Depok melakukan operasi pasar murah, dan sidak pasar memantau harga komoditas bahan pokok agar tetap terkendali tidak ada lonjakan harga yang tinggi," katanya.

Baca juga: Pemkot Depok perkuat pengendalian inflasi selama Ramadhan dan Idul Fitri 2023

Nantinya, jika harga melonjak, lanjut dia, Pemkot Depok akan berkoordinasi dengan daerah lain yang memiliki pasokan pangan yang berlimpah.

"Kalau harga sudah melonjak misalnya cabai, maka kami akan melihat daerah di Jawa Barat yang produksi cabai-nya sudah surplus, seperti di Cirebon," kata dia.

"Kami akan kontak ke sana untuk membeli cabai langsung ke Cirebon, lalu kami jual langsung ke masyarakat Depok," ujarnya.

Baca juga: Wali Kota Depok ajak warga jaga inflasi dengan tidak konsumtif selama Ramadhan

Selain itu, masyarakat juga harus menerapkan pola hidup sederhana untuk menekan laju inflasi, terlebih selama bulan Ramadhan.

"Jadi mindset kalau Ramadhan banyak makanan itu harus diubah, karena itu mempengaruhi peningkatan inflasi daerah," katanya.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023