Bogor (Antara Megapolitan) - Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat mempromosikan potensi wisata olahraga alam yang dimiliki oleh wilayah tersebut sebagai sektor unggulan dalam mendorong destinasi wisata.

"Kabupaten Bogor memiliki wisata olahraga yang cukup lengkap, mulai dari paralayang di Puncak, outbound dan offroad di Gunung Mas, Sirkuit Sentul, dan Golf juga ada di Sentul," kata Kepala Badan Promosi Pariwisata (BPP) Kabupaten Bogor Zainal Safruddin, di Cibinong, Selasa.

Ia mengatakan, selain wisata olahraga, Kabupaten Bogor juga diberkati dengan pemandangan alam yang menarik hingga menjadi daya tarik wisata alam yang mampu mendatangkan wisatawan untuk berlibur setiap akhir pekan maupun musim liburan.

"Setidaknya ada tiga lokasi wisata alam yang potensial dimiliki Kabupaten Bogor untuk dikembangkan," katanya.

Ia mengatakan, tiga lokasi tersebut yakni Agrowisata Gunung Mas Puncak, Telaga Warna dan Jungleland Sentul. Ketiga lokasi tersebut menyuguhkan pemandangan alam yang indah, hiburan dan olahraga bagi wisatawan.

"Wisatawan juga mendapatkan edukasi yang bermanfaat di ketiga lokasi wisata ini, seperti pengetahuan mengenai teh, mulai dari sejarah, manfaat teh, cara pemetikan, dan cara memproduksinya," katanya.

Menurut Zainal, BPP memiliki tugas untuk mempromosikan pariwisata yang ada di wilayah kabupaten Bogor yang memiliki potensi sangat besar, sehingga perlu optimalisasi dalam mempromosikannya.

Ia mengatakan, belum lama ini pihaknya mengundang sejumlah media cetak, elektronik maupun online baik lokal maupun regional dan nasional dalam rangka mempromosikan potensi pariwisata yang dimiliki Kabupaten Bogor.

"Kami menggandeng sejumlah media untuk lebih mengenal potensi pariwisata alam yang ada di Kabupaten Bogor, terutama wisata olahraga yang sedang dikembangkan," katanya.

Ketua Asosiasi Perusahaan Perjalanan Indonesia (ASITA) Bogor, Sunarya mengatakan, potensi wisata alam dan olahraga yang dimiliki Kabupaten Bogor menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk datang.

Menurutnya, promosi dan sosialisasi perlu terus dilakukan untuk mendorong sektor pariwisata Kabupaten Bogor agar bisa berkembang dan maju dengan pesat. Sehingga dapat meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

"Jika Kabupaten Bogor mampu meningkatkan kunjungan wisatawan lokal, regional maupun mancanegara, maka akan mendorong peningkatan PAD yang akan berdampak signifikan pada peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Pewarta: Laily Rahmawati

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016