Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan melantik 16 pejabat eselon II Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, hasil lelang jabatan terbuka resmi sebagai jawaban sekaligus solusi kekosongan jabatan yang terjadi di daerah itu selama lima tahun terakhir.

"Tujuan pelantikan ini tentu bagaimana pemerintah daerah bisa bekerja maksimal dengan kekuatan baru. Program-program pemerintah dapat segera dirasakan manfaatnya oleh warga Kabupaten Bekasi," katanya di Cikarang, Selasa.

Pelantikan ini didasarkan Surat Menteri Dalam Negeri nomor 100.2.2.6/1450/SJ tanggal 10 Maret 2023 perihal Persetujuan Pengangkatan dan Pelantikan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi.

Dani memastikan belasan pejabat yang dilantik ini sudah menjalani rangkaian ujian dan terbukti memiliki kompetensi serta integritas tinggi, berdasarkan hasil seluruh tahapan tes, termasuk tahapan wawancara kandidat bersama Sekretaris Jenderal Kemendagri Republik Indonesia.

Dani menekankan kepada para pejabat yang baru saja dilantik untuk langsung bekerja secara maksimal. Tugas pertama mereka adalah menjalankan seluruh program kerja dan memaksimalkan penyerapan anggaran.

"Yang paling pertama adalah penyerapan anggaran karena harus segera. Prosesnya itu melalui proyek-proyek tata ruang, harus dikawal betul, tidak boleh seperti tahun lalu," tuturnya.

Pengerjaan harus tepat waktu sehingga realisasi anggaran lebih cepat dan tepat. Kemudian proyek-proyek lain di antaranya infrastruktur seperti jalan-jalan, lingkungan hidup seperti sampah, pendidikan, pasar, dan kesehatan.

Ia menegaskan para pejabat untuk memegang kepercayaan yang diberikan dengan bekerja penuh integritas.

 "Jadi bagaimana membangun kepercayaan yang diberikan, oleh karenanya jangan pernah sampai mengkhianati kepercayaan itu," ucap dia.

Sebanyak 16 pejabat yang dilantik yakni Kepala Dinas Pendidikan Imam Faturochman; Kepala Dinas Kesehatan Alamsyah; Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman, dan Pertanahan Nurchaidir; Kepala Dinas Perindustrian Kustanto Dwi Purnomo, dan Kepala Dinas Perdagangan Gatot Purnomo.

Selanjutnya, Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Iman Nugraha; Kepala Dinas Perikanan Iman Santoso; Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik Yan Yan Akhmad Kurnia; Kepala Dinas Lingkungan Hidup Syafri Donny Sirait, dan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Firzawati.

Kemudian Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Benny Sugiarto Prawiro; Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Dwy Sigit Andrian; Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Surya Wijaya; Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Arief Kurnia; Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik Iis Sandra Yanti, serta Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Agus Budiono.

"Setelah pejabat setingkat kepala dinas terpenuhi, tinggal sejumlah jabatan di tingkat eselon III dan IV yang siap diisi. Sudah ada di tangan Kemendagri, tinggal menunggu izin," kata Dani Ramdan.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023