Tim Seleksi (Timsel) Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Jawa Barat menggiatkan sosialisasi mengenai informasi rekruitmen komisioner bawaslu periode 2023-2028 ke sejumlah kalangan masyarakat di wilayah Jabar.

"Timsel kini terus bergerak melakukan sosialisasi ke seluruh penjuru Jawa Barat, agar informasi rekruitmen komisioner bawaslu bisa tersampaikan secara optimal," kata Ketua Timsel Bawaslu Jawa Barat, Rafih Sri Wulandari, dalam keterangannya yang diterima di Karawang, Selasa.

Ia mengaku menggiatkan sosialisasi mengenai informasi rekruitmen komisioner bawaslu, karena kini periode Bawaslu Jabar periode 2018-2023 sudah mendekati masa akhir tugas.

Baca juga: Bawaslu Jabar: ASN harus jaga netralitas

Menurut dia, sesuai dengan amanat undang-undang dan diperkuat dengan instruksi Bawaslu RI, maka sosialisasi akan terus dilakukan.

"Sosialisasi ini tidak hanya untuk mengajak masyarakat untuk berperan aktif menjadi bagian bawaslu, tapi juga sebagai bentuk transparansi dan pengawasan yang dapat dilakukan oleh seluruh elemen masyarakat," katanya.

Disebutkan kalau dalam instruksi Bawaslu RI, terdapat tiga kelompok prioritas yang diharapkan turut berperan dalam menyukseskan pesta demokrasi. Di antaranya kelompok perempuan, kelompok disabilitas dan kelompok adat.

Baca juga: Bawaslu Jabar: Jangan ada permainan verifikasi faktual calon perseorangan

Mengenai tahapan rekrutmen Bawaslu Jabar, Rafih menyampaikan kalau tahapan itu berkaitan dengan masa pengumuman pendaftaran, penerimaan pendaftaran, perbaikan berkas dan berbagai tahapan lainnya.

"Pastinya, semua tahapan akan dilakukan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan," kata dia.

Dikatakannya, bagi masyarakat yang mau mendaftar sebagai bakal calon anggota Bawaslu Jawa Barat, bisa mendaftar melalui email timsel.bawaslujabar2023@gmail.com atau bisa melihat informasi lebih lengkap di laman resmi Bawaslu.

Baca juga: Bawaslu se-Jabar gelar evaluasi sengketa Pemilu 2019 di Bogor

Untuk jadwal rekrutmen atau penjaringan bakal calon anggota Bawaslu Jabar di antaranya, pada 6-14 Maret 2023 tahap sosialisasi rekrutmen, pengumuman pendaftaran bakal calon anggota Bawaslu Jabar pada 15-24 Maret 2023 dan 28 Maret sampai 6 April 2023 masa penerimaan pendaftaran.

Jadwal berikutnya ialah penelitian dan verifikasi berkas pada 18-20 April 2023, tes bakal calon anggota tanggal 4-23 Mei 2023, pengumuman bakal calon anggota terpilih 20 Juni 2023 dan pelantikan bakal calon anggota terpilih pada 25 Juni 2023.

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023