Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Ekbang) Sekretariat Daerah (Setda) Kota Depok, Sidik Mulyono mengatakan perkembangan teknologi saat ini semakin cepat begitu juga dengan sistem pembayaran digitalisasi untuk pelaku usaha perlu memanfaatkan kemajuan teknologi.

"Kemajuan teknologi sudah tak bisa dihindari, untuk kita perlu memanfaatkannya. Penggunaan teknologi digital dalam pembayaran perlu juga perlu diterapkan dalam berbagai sektor," kata Sidik di Depok, Senin.

Menurut dia digitalisasi ini saya katakan satu hal yang tidak bisa dihindari, pelaku usaha yang masih manual sistem pengelolaannya segera lakukan digitalisasi. Kalau tidak akan ketinggalan dengan pasar global.

Baca juga: Pemkot Depok dorong digitalisasi transaksi di semua sektor
Baca juga: Koperasi BAM di Depok siap optimalkan penerapan digitalisasi

Ia mengatakan kemajuan teknologi informasi memaksa masyarakat untuk beralih dari perilaku yang konvensional ke perilaku digital, tidak terkecuali di bidang ekonomi.

Pelaku usaha dari sektor mikro hingga industri harus memanfaatkan digitalisasi untuk proses jual-beli.


Meski demikian, lanjut Sidik, selain menggunakan sistem digital untuk transaksi, pelaku usaha juga harus mampu membuat produk yang inovatif dan kreatif agar mampu bersaing di pasar global.

"Mudah-mudahan ekonomi kita semakin geliat, pelaku usahanya semakin berkembang melalui digitalisasi dan transaksinya," ucap Sidik.

Baca juga: Pasar Cisalak Depok Jabar terapkan sistem digitalisasi transaksi dan retribusi

Senada dengan hal tersebut Kepala Disperdagin Kota Depok, Zamrowi menuturkan, pihaknya sudah melakukan berbagai upaya untuk percepatan digitalisasi di lingkungan perangkat daerah dan pelaku usaha.

Percepatan digitalisasi melalui pengenalan dan berbagai pelatihan, serta bekerja sama dengan perbankan, dan lain sebagainya.


"Pasar Sukatani dan Cisalak sudah digitalisasi transaksinya, ke depan akan diterapkan ke semua pasar rakyat di Depok dan produk-produk UKM," demikian Zamrowi.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023